Siswa Kejar Paket C PKBM Bina Warga Pegandon Ikuti Uji Coba Placementest secara Online

Uji coba placementest (tes penempatan) secara online di PKBM) Bina Warga Pegandon

0
134

Siswa Kejar Paket C dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Warga Pegandong mengikuti uji coba placementest  atau tes penempatan secara online di sekolah setempat pada Senin 7 Oktober 2019. Tes penempatan ini diadakan oleh Dirjen Bindiktara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Uji coba hanya dilakukan  di 36 lembaga PKBM se Indonesia yang salah satunya di PKBM Bina Warga Pegandon.

Kepala PKBM Bina Warga Pegandon, Maftukhin mengatakan, pada uji coba tes penempatan ini hanya untuk Program Kejar Paket C, namun nantinya juga akan diberlakukan untuk Kejar Paket A dan B. Pada uji coba Kejar Paket C ini ada  7 mata pelajaran yang diujikan, di antaranya PKPN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi dan Geografi. “Yang mengikuti uji coba hanya Kejar Paket C, tapi setelah program yang akan dilaunching pada tahun 2020 ini, juga diberlakukan untuk Kejar Paket A dan B,” katanya.
Maftukhin mengatakan, bagi peserta yang lulus tes penempatan, maka bisa langsung masuk di kelas akhir, sehingga bisa mengikuti ujian akhir untuk kelulusan. Untuk pelaksanaan tes penempatan setelah program ini dilaunching mulai tahun 2020, maka pelaksanaan tesnya dilakukan di PP Paud dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah. Pasalnya penilaian tes dilakukan oleh tim pusat. “Sebenarnya SKB Cepiring bisa mengadakan tes penempatan, namun fasilitasnya belum memadai, sehingga dilakukan di  PP Paud dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah yang berada di Ungaran,” jelasnya.

Staf Pendidikan Nonformal Disdikbud Kendal, Sumadyo mengatakan, bahwa lulusan Kejar Paket C memiliki kesempatan yang luas untuk bersaing merebut pasar kerja atau melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi dengan berbagai jurusan. Oleh karena itu, lulusan Kejar Paket C harus optimis dan selalu meningkatkan pengetahuannya. “Lulusan Kejar Paket C ini kesempatannya sama dengan lulusan SMA atau SMK, maka yang penting harus rajin belajar atau membekali diri supaya bisa bersaing,” katanya.