Film Kendal Produksi VIU Indonesia mulai Kasting Pemain

Kasting pemain film Kendal produksi VIU Indonesia

0
137
Kabelan Film Kendal bersama VIU Indonesia memilih naskah berjudul Kalang Obong yang akan dibuat film pendek. Naskah film karya Arfi Cahya Fetrianto ini merupakan satu dari beberapa naskah film dibuat melalui workshop pembuatan naskah film yang digelar selama tiga hari yang diikuti  25 peserta. Workshop pembuatan naskah film ini merupakan rangkaian kegiatan Lokakarya Program VIU Indonesia yang dilakukan selama 12 hari.

Naskah Kalang Obong yang mengangkat tradisi lokal Kendal ini dimainkan oleh tiga orang, yaitu tokoh bapak, remaja putri dan remaja putra. Kasting pemilihan peran ketiga tokoh tersebut dilakukan pada Selasa (8/10/2019) di Hotel Anugerah Kendal yang diikuti 6 peserta untuk tokoh remaja putra, 5 peserta untuk tokoh remaja putri dan 2 peserta untuk tokoh bapak.
Director Kabelan Film Kendal, Ulinuha mengatakan, film yang berdurasi sekitar 15 menit ini akan mengambil lokasi di tiga tempat, yakni di Tugu Batas Kota Kaliwungu, Pasar Sore Kaliwungu, sebuah rumah di Desa Tunggulsari  dan wisata Kedung Pengilon. Syuting akan dilakukan mulai Kamis sampai Sabtu mendatang. “Produksi film difasilitasi oleh VIU Indonesia ini dikerjakan bersama oleh  seluruh peserta workshop. Tim dari VIU Fim hanya melakukan pendampingan untuk mengarahkan proses produksinya,” katanya.
Dikatakan, film pendek karya anak-anak Kendal ini akan dibawa oleh VIU Indonesia untuk diputar di 17 negara yang telah bekerja sama dengan VIU Indonesia. Program VIU Indonesia mengangkat kearifan lokal melalui karya film pendek yang pada tahun 2019 ini menggandeng 20 daerah terpilih di Indonesia. “Dalam film pendek ini menonjolkan potensi Kendal, yaitu Tugu Batas Kota Kaliwungu yang merupakan kebanggan Kabupaten Kendal, Pasar Sore Kaliwungu dan tempat wisata Kedung Pengilon dan tradisi Jawa,” jelasnya.
Sementgara itu Ardian Yubiarko dari Komisi Film Kendal berharap dengan adanya kerja sama Kabelan Film Kendal dengan VIU Indonesia yang didukung Pemkab Kendal, maka potensi Kendal akan semakin dikenal di tingkat internasional. Selain itu melalui Program VIU Indonesia ini akan membangkitkan anak-anak muda Kendal dalam bidang perfileman di Kabupaten Kendal. “Adanya kerjasama ini merupakan kesempatan emas bagi sineas Kendal dan pserta workshop untuk bersama-sama membuktikan karya film anak-anak Kendal bisa menjadi karya terbaik yang diapresiasi oleh dunia,” harapnya.