DUMDes Magelung Kaliwungu Selatan akan Prioritaskan Usaha Pengadaan Air Bersih

Potensi Desa Magelung Kaliwungu Selatan

0
113

Kebutuhan air bersih di Desa Magelung Kecamatan Kaliwungu Selatan menjadi prioritas utama. Oleh karena itu BUMDes yang dikelola akan mengutamakan usaha pengadaan air bersih.

Sekretaris Desa Magelung, Dedi Surono mengatakan, dalam program penyediaan air bersih untuk warga, pihak desa tidak mengandalkan bantuan Pamsimas, namun akan menganggarkan pembangunan fasilitas air bersih melalui Dana Desa. Saat ini sudah ada tiga unit pengelolaan air bersih yang tersebar di tiga tempat. “Ke depan akan terus menambah lagi di beberapa tempat supaya kebutuhan air bersih semua warga tercukupi,” katanya.
Program yang mendapat pioritas lainnya adalah penanganan masalah sampah. Untuk saat ini dalam penanganan sampah masih sebatas pada jasa angkut sampah rumah tangga yang dilakukan oleh Lazisnu setempat. Adanya jasa ngkut sampah rumah tangga ini memudahkan warga yang kebingunan membuang sampah, terutama yang tidak memiliki pekarangan rumah yang bisa digunakan untuk pembuangan sampah.
“Untuk inovasi desa, salah satunya adalah pengelolaan sampah supaya bisa ditangani dengan baik,” ujarnya.
Lahan sawah di Desa Magelung hanya  mengandalkan air tadah hujan, sehingga para petani jarang yang menanam padi. Sebagian besar menanam bengkoang yang diselingi tanaman singkong, lombok dan palawija.