Seratus Lebih Peserta Kemah SMA Negeri 1 Weleri Keracunan Makanan

Peserta kemah SMA Negeri 1 Weleri mengalami keracunan

0
91
Sebanyak 118 siswa SMA Negeri 1 Weleri yang sedang mengikuti kegiatan kemah di sekolah pada Jumat (11/10/2019) mengalami keracunan setelah makan malam sekitar pukul 19.00 WIB. Dari 611 peserta kemah, yang mengalami gejala keracunan ada 118. Mereka ada yang dibawa ke Rumah Sakit Baitul Hikmah Pucangrejo, RSI Weleri, Klinik Utama Karunia Medika Weleri dan Puskesmas Rowosari II.
Ahmad Muzaini, Bagian Umum RS Baitul Hikmah mengatakan, pihak rumah sakit menerima pasien dari SMA 1 Weleri sekitar pukul 10 malam sebanyak 49 anak. Setelah dilakukan pemeriksaan, yang 44 anak diperbolehkan pulang sekitar pukul 01 dinihari, sedangkan yang 5 anak menjalani opneme. Dikatakan, gejala yang dialami adalah mual-mual dan muntah-muntah. “Yang opneme hanya 5 anak, dan hingga Sabtu siang kondisi sudah jauh lebih baik. Ada kemungkinan nanti sore sudah bisa pulang,” katanya.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Kesehatan Kendal, yang dibawa ke RSI Weleri ada 53 anak, namun yang opname ada 38 anak. Sedangkan yang dibawa di Puskesmas Rowosari II ada 3 anak yang semuanya masih opneme.
“Untuk sampel makanan yang diduga penyebab keracunan sudah dibawa ke laboratorium di Semarang untuk dilakukan pemeriksaan. Hasil pemeriksaan baru bisa dilihat setelah tiga hari kemudian,” jelasnya.