20 Group Kesenian Ikuti Festival Seni Pertunjukan Rakyat

Dewan Kesenian Kendal Gelar Festival Seni Pertunjukan Rakyat

0
134

 

Dewan Kesenian Kendal bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal mengadakan Festival Seni Pertunjukan Rakyat yang digelar di lapangan Krangmalang, Kecamatan Kangkung, Jumat (1/11/2019). Festival tahunan ini diikuti 20 group kesenian di Kabupaten Kendal, perwakilan dari masing-masing kecamatan.
Plt. Kepala  Dinas  Pendidikan dan Kebudayaan Kendal Wahyu Yusuf Ahmadi mengatakan, tujuanya digelarnya festival ini untuk nguri-nguri atau melestarikan seni dan budaya daerah. Ia berharap, dengan  adanya  kegiatan ini, maka akan  mengangkat kesenian tradisional  di masing masing kecamatan. Jika kesenian tradisional semakin berkembang, maka bisa dikenal ke seluruh dunia. “Melalui festival ini, maka kesenian lokal bisa berkembang dan di kenal ke daerah lainnya,” katanya.

Wahyu Yusuf juga berharap, masing-masing kecamatan bisa bersaing untuk menampilkan pertunjukan yang terbaik. Tidak ada batasan jenis kesenian tradisional yang ditampilkan. “Silahkan tunjukkan kreatifitas dalam berkesenian. Silahkan mengangkat potensi seni lokal,” terangnya.
Ketua  Dewan Kesenian  Kendal, Kiswanto mengatakan, festival seni pertunjukan rakyat ini berlangsung selama  tiga hari, dan akan berakhir  tanggal 3  November 2019. Setiap kecamatan  mengirimkan satu group keseniannya. “Tiap peserta harus menampilkan kesenian tradisional khas Kendal, seperti seni rebana, barongan, kudalumping, seni musik angklung dan lainnya,” katanya.

Festival yang digelar mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB ini mendapatkan sambuatan luar biasa dari masyarakat di Kecamatan Kangkung dan sekitarnya. Hal itu menunjukkan masyarakat Kendal masih suka dengan kesenian tradisional.