Dinas PUPR Kendal Siap Bantu Perbaiki Jalan Desa

Pemkab Kendal targetkan di tahun 2020 seluruh jalan kabupaten kondisinya baik

0
348

Pemkab Kendal menargetkan di tahun 2020 semua infrastruktur jalan kabupaten Kendal kondisinya baik. Berdasarkan data dari Dinas PUPR Kendal, sampai akhir 2019 ini infrastruktur jalan yang kondisinya baik mencapai 91 persen atau sepanjang 702,3 km, dari total seluruh jalan kabupaten sepanjang 770 km. Dengan demikian masih ada sekitar 67,7 km yang kondisinya rusak atau sekitar 9 persen.

Kepala Dinas PUPR Kendal Ir. Sugiono mengatakan, sisa jalan kabupaten yang 9 persen kondisinya rusak itu akan diperbaiki pada tahun 2020 mendatang. Dikatakan, untuk memastikan agar kondisi jalan tetap baik, jika diketahui ada jalan yang mengalami kerusakan, maka akan segera dilakukan perbaikan. Jika jalan yang mengalami kerusakan masih dalam pemeliharaan, maka pihak rekanan diminta segera melakukan pembongkaran untuk dilakukan perbaikan. Kalau jalan kabupaten yang kondisinya rusak itu sudah di luar masa pemeliharaan, maka pihak Dinas PUPR akan melakukan penambalan dengan aspal. “Jadi, mobiling rate siap melakukan perbaikan,” ujarnya

Sugiono juga mengatakan, pihaknya juga akan membantu melakukan perbaikan untuk infrastur jalan desa di seluruh Kabupaten Kendal. Bantuan untuk perbaikan jalan desa itu berupa aspal dan bantuan teknik pengerjaannya. Sedangkan matrial pasir untuk campuran aspal agar disediakan oleh pihak desa. “Kami minta kepada masyarakat dan desa supaya memberikan informasi ke Dinas PUPR jika mengetahui jalan yang mengalami kerusakan, sehingga perbaikan bisa segera dilakukan,” katanya.

Dikatakan, pada tahun 2016 lalu, separoh lebih atau sekitar 51 persen infrastruktur jalan kabupaten, kondisinya masih rusak. Dengan demikian dalam masa lima tahun, mulai tahun 2016 hingga 2020, Pemkab Kendal komitmen untuk memperbaiki seluruh jalan kabupaten yang kondisinya rusak. “Jadi, selama lima tahun terakhir sampai 2020, Pemkab Kendal sudah memperbaiki jalan yang kondisinya rusak sekitar 393 KM,” pungkasnya.