Wisata Gua Kiskendo di Desa Trayu akan Dikembangkan jadi Wisata Hutan

Potensi Desa Trayu Kec. Singorojo

0
78

Potensi di Desa Trayu Kecamatan Singorojo akan dikembangkan supaya lebih maju. Beberapa potensi yang sudah dikelola di antaranya wisata alam Gua Kiskendo, BUMDes dan UMKM.

Sekretaris Desa Trayu, Mahfud Hanafi mengatakan, wisata Gua Kiskendo akan dikembangkan dengan melibatkan kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Tidak hanya memanfaatkan gua, tapi keberadaan hutan milik Perhutani juga akan dimaksimalkan. “Untuk pengembangan wisata hutan akan melakukan MoU dengan Perhutani,” katanya.
BUMDes yang sudah ada akan dikembangkan dengan menambah beberapa unit usaha. Jika saat ini baru menangani satu unit usaha, yaitu simpan pinjam, namun ke depan akan menambah unis usaha pengelolaan air bersih dan bank sampah. Untuk bank sampah pihak desa sudah menyediakan lahan, juga akan menyertakan modal. “Tahun ini sudah menganggarkan 40 juta rupiah untuk bank sampah,” ujarnya.
Di Desa Trayu juga ada produk UMKM yang sudah cukup maju, yaitu roti tawar dan roti selai. Saat ini sedang merintis pembuatan saos. “Untuk saos masih melakukan uji coba,” pungkasnya.