Wisata Taman Buah Sidomakmur di Kaliwungu Selatan akan Dibuka Tahun 2020

Potensi Desa Sidomakmur Kec. Kaliwungu Selatan

0
83

Di Desa Sidomakmur Kecamatan Kaliwungu Selatan sedang dirintis kawasan wisata hutan yang diberi nama Taman Buah Sidomakmur. Tempat wisata ini dikelola oleh pihak desa bekerja sama dengan perhutani dengan luas kawasan sekitar 10 hektar. Saat ini sudah ada sekitar 4 hektar yang ditanami berbagai tanaman buah, seperti durian, mangga, kelengkeng, pete, jengkol dan lain-lain.

Kepala Desa Sidomakmur, Bambang Sukaryono mengatakan, tempat wisata yang akan menjadi kebanggaan ini sudah dibuka pada Oktober 2020. Beberapa fasilitas yang disiapkan di antaranya kereta mini, turbin sungai serta dilengkapi dengan permainan anak-anak dan sirkuit. “Tempat wisata ini juga dipadukan dengan wisata religi, karena di sini ada makam pendiri desa,” jelasnya.
Kades Bambang mengatakan, pihaknya akan melibatkan para pelaku UMKM untuk meramaikan tempat wisata dengan berbagai kerajinan dan produk kuliner khas desa. Beberapa produk UMKM unggulannya di antaranya sirup secang, keripik pisang, keripik singkong, biskuit jagung dan lainnya. “Kami juga menata area peternakan kambing yang bisa menjadi daya tarik bagi pengunjung wisata,” katanya.
Pengelolaan sampah di Desa Sidomakmur sudah mulai dilakukan dengan membuat tempat pembuangan sementara (TPS) di beberapa dusun. Di TPS itu akan dilakukan pemilahan sampah  organik dan unorganik serta memilah sampah yang masih bisa dimanfaatkan untuk dijual maupun untuk membuat kerajinan. “Ibu-ibu PKK di sini sudah membuat aneka macam kerajinan dari barang-barang bekas yang bisa dijual untuk oleh-oleh di tempat wisata,” ujarnya.