Halaman Lapangan Ngadibolo Boja Dijadikan Rest Area yang Dihiasi Taman Bunga

Potensi Desa Boja Kecamatan Boja

0
100

Desa Boja Kecamatan Boja merupakan desa yang bernuasa kota, karena berada di pusat kota kecamatan. Hampis semua fasilitas umum bisa dijumpai di Desa Boja, seperti sekolah, baik negeri maupun swasta, mulai dari TK sampai SLTA, puskesmas, pasar, kolam renang dan lainnya.

Sebagai pusat kota, secara berangsur area persawahan pun semakin berkurang, karena digunakan untuk pengembangan kota, seperti pembangunan perumahan maupun fasilitas umum. Sebagai pusat kota, pihak desa pun terus berupaya agar Desa Boja bisa menjadi tempat yang nyaman dan menarik sebagai tempat rekreasi warga. “Di halaman Lapangan Ngadibolo Boja dijadikan rest area yang dilengkapi dengan bangunan joglo dan kedai-kedai kuliner dan tanaman hias,” kata Kepala Desa Boja, Slamet Riyadi.
Kades Slamet mengatakan, tiap tahun, yaitu seminggu setelah Lebaran Hari raya idul Fitri selalu digelar tradisi Syawalan yang bersamaan dengan Murti Desa yang diisi dengan berbagai acara. “Acara dimulai dengan Selamatan pada pagi hari, lalu siangnya diadakan pawai gelar budaya, kemudian pada malam hari digelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk,” jelasnya.
Dikatakan, dalam hal penanganan sampah, pihak desa sementara ini baru mengupayakan agar di tiap-tiap dusun memiliki kendaraan untuk mengangkut sampah. “Sementara baru beberapa dusun yang sudah memiliki armada pengangkut sampah, namun ke depan sedang diupayakan supaya tiap-tiap dusun memilik armada pengangkut sampah sendiri-sendiri,” tungkasnya.