Alviana dan Dafa Raih Juara 1 Lomba KKR Tingkat Kabupaten Kendal Tahun 2019

Alviana Khairunnisa dari SMP Negeri 3 Patebon dan Dafa A. Ramadan dari SMP Negeri 1 Pageruyung raih juara 1 lomba KKR tingkat Kabupaten Kendal tahun 2019

0
81
Alviana Khairunnisa dari SMP Negeri 3 Patebon dan Dafa A. Ramadan dari SMP Negeri 1 Pageruyung meraih prestasi sebagai juara 1 lomba Kader Kesehatan Remaja (KKR) tingkat Kabupaten Kendal tahun 2019 yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kendal. Kedua pelajar SMP tersebut menerima piagam dan uang pembinaan yang diserahkan oleh Wakil Bupati Kendal Masrur  Masykur pada peringatan Hari Kesehatan Nasional di Alun-alun Kendal, Senin (12/11/2019).

Dafa yang sekarang duduk di kelas 9 mengaku, sebelum mengikuti lomba, dirinya telah mempersiapkan materi selama satu minggu di bawah bimbingan petugas dari Puskesmas Pageruyung. “Persiapannya sekitar seminggu oleh petugas puskesmas,” katanya.
Hal itu juga dilakukan oleh Alviana yang sekarang duduk di kelas 8, juga mengikuti pendalaman materi di bawah bimbingan petugas dari Pueksemas Patebon 2. Materi yang diberikan terkait kesehatan secara umum, seperti penyakit malaria, diare dan sebagainya. ” Persiapannya sekitar 10 hari,” katanya.
Guru pembimbing dari SMP Negeri 3 Patebon, Retno Sulistyowati menjelaskan, Kader Kesehatan Remaja bertugas sebagai petugas kesehatan di sekolah. Di antaranya membantu menolong anak yang pingsan atau sakit saat upacara. Selain itu juga membantu memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan ringan saat di sekolah. “Sebagai kader kesehatan, juga bertugas membantu melakukan sosialisasi tentang perilaku hidup sehat kepada teman-temannya di sekolah,” jelasnya.