Desa Merbuh Galakkan Budidaya Durian untuk Dukung Objek Wisata

Potensi Desa Merbuh Kec. Singorojo

0
82

Tanaman durian di Desa Merbuh Kecamatan Merbuh Kecamatan Singorojo terus dikembangkan. Hal ini untuk menunjang potensi wisata yang sedang dirintis, yakni Wisata Curug Gunung Kendail yang dikelilingi pemandangan persawahan dan sungai.

Sekretaris Desa Merbuh, Yoni Hidayatullah mengatakan, bahwa Desa Merbuh merupakan salah satu desa yang sudah dikenal sebagai penghasil durian, namun ke depan akan dikembangkan lagi. “Kami terus menggalakkan kepada warga supaya terus budidaya pohon durian,” katanya.
Desa Merbuh juga sebagai penghasil kopi yang per tahunnya bisa berproduksi sekitar 30 ton. Untuk meningkatkan kesejahteraan petani, maka pihak desa mendorong kepada kelompok tani membuat produk kemasan yang siap saji. “Jika selama ini para petani hanya menjual kopi berupa biji, maka sekarang sudah mulai membuat produk kopi kemasan yang siap saji,” katanya.
Sekdes Yoni mengatakan, untuk mengembangkan wisata, pihak besa bersama Pokdarwis, PKK dan Karang Taruna untuk membuka tempat wisata. Selain itu juga mengagndeng perusahaan dan investor untuk mengelola tempat wisata. “Kendalanya akses jalan menuju curug yang letaknya di perbukitan,” ujarnya.
Desa Merbuh pada tahun 2019 ini meraih juara 1 lomba Desa tematik yang diadakan oleh sebuah perusahaan nasional.