Polres Kendal Siapkan Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Rakor Masalah Strategis dan Aktual jelang Natal dan Tahun Baru 2020

0
77
Polres Kendal akan menempatkan petugas di tiap-tiap gereja untuk  pengamanan perayaan Natal mendatang. Polres Kendal juga akan membuat Pos pengamanan (Pospam) di empat gereja besar di wilayah Kendal, yaitu di Kecamatan Boja, Kendal, Weleri dan Sukorejo. Hal ini disampaikan Iptu Suharyanto, Kasubag Binops Polres Kendal saat Rakor Masalah Strategis dan Aktual yang digelar di Aula PUPR Kendal, Jumat (15/11/2019).
“Pospam hanya ditempatkan di gereja-gereja besar yang jemaatnya lebih dari seribu orang dan pusat kota yang ramai yang kondisinya rawan lalulintas dan kriminalitas,” katanya.
Polres Kendal juga siap mengamankan arus lalu lintas pada masa liburan Natal dan Tahun Baru, baik di jalur Pantura maupun jalur tol. Beberapa posko pun akan didirikan di beberapa titik di jalur Pantura dan jalur tol. Selain itu juga siap mengantisipasi keramaian di tempat-tempat wisata dan malam tahun baru. Antisipasi dilakukan di tempat-tempat keramik yang rawan kriminalitas, rawan keributan dan rawan teroris.
“Malam pesta tahun baru yang perlu diantisipasi di antaranya pelanggan lalu lintas dan keributan. Untuk jalur Pantura akan didirikan posko di Sumberejo Kaliwungu dan Rejosari Brangsong yang rawan kecelakaan lalulintas,” katanya.
Dikatakan, untuk menjamin keamanan dan kenyamanan perayaan Natal, pihaknya akan melakukan pemeriksaan di beberapa gereja. Hal ini untuk mengatasi tindakan teroris yang akan mengacaukan perayaan Natal. “Pemeriksaan di gereja-gereja akan dilakukan oleh Tim Brimob Polda Jateng vgereja sebelum pelaksanaan Misa Natal,” ujarnyam
Rapat Koordinasi Masalah Strategis dan Aktual yang diadakan oleh Kesbangpol Kendal dibuka oleh Sekda Kendal Moh. Toha. Menghadirkan narasumber dari Polres Kendal dan Kodim 0715 Kendal.
Diikuti seluruh camat, Kapolsek, Danramil, pengurus ormas pemuda, ormas keagamaan, FKUB dan pengurus gereja-gereja di Kabupaten Kendal.
Kasi Kebangsaan dan Kewaspadaan Kesbangpol Kendal, Puji Sumaryono selaku ketua panitia mengatakan, tujuan digelarnya Rakor ini untuk menyamakan
visi misi dalam mengantisipasi dan menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru mendatang. “Rakor ini untuk memberikan informasi perkembangan situasi daerah menjelang Natal dan Tahun Baru,” katanya.
Sekda Kendal Moh Toha berharap selalu terjalin kerja sama untuk bersinergi dan berperan aktif menjaga situasi kondusif. Kepada seluruh OPD agar bekerja lebih fokus melakukan tugas pokok dan fungsinya dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kepada TNI dan Polri diharapkan bisa memberi rasa aman kepada masyarakat. “Masyarakat-masyarakat yang melaksanakan perayaan Natal dijamin aman dan nyaman,” ucapnya.