Komisi C DPRD Kendal Minta Target Pendapatan dari Retribusi Terminal Ditingkatkan

Rapat Komisi C DPRD Kendal dengan Dinas Perhubungan Kendal

0
87

Ketua Komisi C DPRD Kendal, Danes Bintang Yudhaswara mempertanyakan pencapaian kinerja Dinas Perhubungan Kendal dalam penarikan retribusi daerah tahun 2019. Hal ini disampaikan saat Rapat Komisi pembahasan APBD 2020 di ruang komisi, Kamis (14/11/2019).  Pada tahun 2019 ini, Dinas Perhubungan diterget bisa memberikan pemasukan sebesar Rp. 2,5 miliar.

“Kami ingin tahu, sudah berapa persen pemasukan dari retribusi daerah tahun 2019, karena waktu efektif tinggal satu bulan,” katanya.
Danes juga mempertanyakan pendapatan retribusi terminal tahun 2019 yang hanya ditarget Rp. 15 juta. Menurutnya, target retribusi terminal yang hanya Rp 15 juta setahun dinilai terlalu kecil. Pasalnya di beberapa daerah kabupaten lain di Jawa Tengah, target pendapatan dari retribusi terminal jauh lebih tinggi.
“Waktu kami kunjungan kerja di beberapa daerah, untuk pendapatan retribusi terminal targetnya lebih besar. Oleh karena itu, kami minta agar bisa ditinjau ulang supaya targetnya bisa lebih tinggi lagi,” ujarnya.
Kepala Dinas Perhubungan Kendal, Suharjo menjelaskan, bahwa sampai bulan Oktober 2019 untuk pendapatan retribusi daerah baru mencapai Rp. 1,63 miliar dari target yang ditentukan sebesar Rp. 2,358 miliar atau sekitar 70 persen. Namun sayangnya, khusus untuk pendapatan retribusi parkir di Pasar Kendal mengalami penurunan, karena sebagian lahan parkir digunakan untuk menempatkan kios-kios sementara akibat adanya pembangunan rehab pasar. Namun demikian, pihak Dishub tetap optimis bisa mencapai target. “Kami akan berupaya mencari tambahan dari sumber lain yang bisa dimaksimalkan,” katanya.