Kelompok UP2K-PKK se Kecamatan Kelurahan Diberi Pelatihan Pengisian Administrasi Versi Baru

Pelatihan dan Pembinaan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK se Kecamatan Kendal

0
101
Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal bersama Dispermasdes Kendal mengadakan Pelatihan dan Pembinaan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK di Balai Kelurahan Karangsari Kendal, Rabu (27/11/2019). Kegiatan ini diikuti pengurus UP2K-PKK kelurahan se Kecamatan Kendal. Menghadirkan narasumber Ketua Pokja II TP PKK, Sri Wuryantari Winarno dan anggota Pokja II, Yuli Hastuti Setyo Handayani.

Kasi Pengembangan Ekonomi Masyarakat Desa pada Dispermasdes Kendal, Yessie Purwandari mengatakan, materi pelatihan ini tentang administrasi UP2K-PKK hasil Rakernas Nomor 8 tahun 2015. Dijelaskan, sesuai dengan Rakernas tersebut, untuk pembukuan administrasi UP2K hanya 3 buku. Sebelumnya ada 6 buku, sehingga saat ini lebih sederhana. “Pada pelatihan ini langsung praktek, dijelaskan cara pengisian 3 buku, karena setelah pelatihan ini masing-masing UP2K-PKK harus beralih ke 3 buku,” jelasnya.
Yessie mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memperkuat kelompok PKK dalam mengelola dan menumbuhkembangkan usaha ekonomi serta meningkatkan pendapatan keluarga. Selain itu untuk meningkatkan pemahaman TP PKK dan kader UP2K tentang pengelolaan pengembangan usaha ekonomi keluarga. “Pembinaan UP2K ini agar usahanya semakin berkembang, sehingga kesejahteraan semakin meningkat,” katanya.
Sementara itu Ketua TP PKK Kecamatan Kendal, Sudiyati mengatakan, bahwa kondisi UP2K-PKK keluarah di Kecamatan Kendal termasuk baik. Selain PKK tingkat kelurahan, juga PKK di tingkat RT atau dasawisma yang juga mengelola simpan pinjam. UP2K-PKK dalam tiga bulan harus memberikan laporan ke PKK Kecamatan, sehingga bisa diketahui kondisinya. “Rata-rata kondisi UP2K-PKK kelurahan kondisinya baik, ada peningkatan, walaupun tidak terlalu besar,” ujarnya.
Pada kegiatan ini juga diselingi praktek membuat kua camilan eggroll yang terbuat dari buah sukun.