Tradisi Gebyok masih Dilakukan Warga Desa Laban Kecamatan Kangkung

Potensi Desa Laban Kecamatan Kangkung

0
78

Tradisi gebyok atau mencari ikan di sungai ternyata masih dilakukan oleh warga Desa Laban Kecamatan Kangkung. Kegiatan ini biasanya dilakukan beramai-ramai untuk mengisi kekosongan waktu, ketika  musim kemarau. Biasanya pada musim kemarau, para petani tidak menggarap sawah, karena kondisi sawah tidak ada air. Oleh karena itu, para petani beralih mencari ikan di sungai dengan menggunakan alat tangkap ikan yang terbuat dari bambu yang disebut gebyok.

Sekretaris Desa Laban, Siti Nur Azizah mengatakan, sebagian besar masyarakat desanya bekerja sebagai petani dengan tanaman unggulan yaitu padi dan jagung. Warga juga banyak yang memanfaatkan kebun atau pekarangan dengan menanam pohon singkong. “Warga di sini banyak yang membuat keripik singkong, yang bahan singkongnya dari kebun sendiri,” katanya.
Menurut Sekdes Nur Azizah, masyarakat Desa Laban cukup aktif melakukan kegiatan program desa, terutama anggota PKK. Banyak anggota PKK yang bisa diandalkan, di antaranya menjadi kader kesehatan yang ikut menggerakkan warga untuk menjaga kebersihan, seperti tidak buang sampah sembarangan dan memberikan pelatihan membuat kerajinan dan barang bekas. “Anggota PKK yang sudah mengikuti pelatihan keterampilan itu menularkan keahliannya kepada warga lain,” ujarnya.
Desa Laban sudah memiliki BUMdes sejak tahun 2017 dengan unit usaha yaitu ternak kambing dan menyewakan lapangan futsal.