Bupati Mirna Launching Program Indonesia Terang untuk Kendal Terang

Bupati Mirna launching program Indonesia Terang

0
118
Bupati Kendal Mirna Annisa melaunching Program Indonesia Terang untuk Kendal Terang di Hotel Sae Inn pada Senin 2 Desember 2019. Tagline Program ini adalah Terang Pangannya Terang Sandangnya Terang papannya. Launching dihadiri juga Wakil Bupati Kendal, Forkopimda, kepala desa dan Pj. kepala desa se Kabupaten Kendal.

Komisaris PT Imza Rizky Jaya, Moh Gempar Soekarno Putra mengatakan, bahwa program Indonesia Terang yang digagas oleh Direktur Utama PT. Imza Rizky Jaya, Hj. Rizayati bertujuan untuk pengadaan, sekaligus pemasangan lampu penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS) atau solar sell di seluruh Indonesia. Program Indonesia Terang  memberikan akses bagi masyarakat di seluruh Indonesia, terutama di jalan-jalan umum pedesaan yang masih gelap. Realisasi program Indonesia Terang pun dilakukan dengan melibatkan kerjasama antara PT. Imza Rizky Jaya dengan para mitra kerja dan pabrikan dalam dan luar negeri, di antaranya Korea, Jepang Abu Dhabi dan Saudi. “Sumber dananya bukan dari APBN atau APBD, tapi bantuan dari luar negeri melalui kerjasama antara NJO,” jelasnya.
Sementara itu Imam Sutejo dari PT Arsa Posper Anugerah mengatakan, di Kabupaten Kendal akan dipasang 5.000 titik PJUTS All  in  One berupa LED 40 watt dengan tinggi tiang 6 meter diberikan secara cuma-cuma. Kabupaten Kendal merupakan kabupaten yang pertama kali launching di Indonesia untuk Program Indonesia Terang. “Kendal ini bisa dikatakan sebagai pilot projek program Indonesia Terang di Indonesia,” katanya.
Kepala Dinas Perhubungan Kendal, Suharjo mengatakan, dari 5.000 PJUTS tersebut akan dibagi di semua desa di Kabupaten Kendal yang berjumlah 266 desa. Rata-rata tiap desa akan mendapatkan 15 lampu atau lebih, sesuai dengan luas wilayah desa. “Yang diutamakan untuk desa yang penerangan jalannya masih minim,” ujarnya.
Bupati Kendal Mirna Annisa meminta kepada masyarakat untuk bisa menjaga atau menjalankan program ini dengan baik. Pasalnya jika program ini berhasil, maka ada kemungkinan, Kendal bisa mendapatkan kembali dengan jumlah yang lebih besar lagi. “Jaga baik-baik dan dirawat bersama-sama, supaya untuk ke depan mudah mendapatkan lagi, misalnya 10 ribu,” katanya.