Ratusan Anak Paud Tampilkan Lelagon dan Dolanan di Festival Peserta Didik Paud se Kabupaten Kendal

Festival peserta didik Paud se Kabupaten Kendal

0
60
Ratusan anak PAUD didampingi guru pendidik se Kabupaten Kendal meramaikan Festival Peserta Didik Paud 2019 yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Kendal, Selasa (03/12/2019). Anak-anak bersama guru pendamping dari berbagai PAUD unjuk kebolehan membawakan tari yang diiringi lagu-lagu dolanan.

Acara ini dihadiri Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si., bersama Wakil Bupati Kendal, Drs. H. Masrur Masykur dan Plt. Kepala Disdikbud Kendal, Wahyu Yusuf Ahmadi, S.STP. Bupati Mirna diberi kesempatan membuka acara dengan memukul gong, sebagai tanda dimulainya kegiatan Festival Paud Kendal 2019.
Ketua panitia kegiatan, Parno mengatakan tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk melestarikan budaya bangsa dan membentuk karakterter terhadap anak. Pasalnya, dalam syair lagu-lagu dolanan mengandung pesan yang mendidik bagi anak-anak. “Diharapkan melalui kegiatan ini, budaya bangsa tetap terjaga dan lestari. Sehingga bisa membentuk karakter anak sejak usia dini,” katanya.
Dalam kegiatan Festival Peserta Didik Paud Kabupaten Kendal Tahun 2019 yang mengangkat tema “Dengan Lelagon Dolanan Membentuk Karakter Anak Sejak Usia Dini” ini. Seluruh peserta menampilkan berbagai seni tari dan dolanan daerah.
“Kegiatan ini diikuti sebanyak 440 peserta terdiri dari 20 regu group kelompok bermain dan 20 regu dari group Taman Kanak-Kanak yang masing-masing group ada 9 anak dan 2 orang guru pendamping,” jelasnya.
Pada kesempatan itu, Bupati Mirna mengajak seluruh anak untuk naik panggung bersama-sama. Bupati Mirna juga berbincang-bincang dengan anak-anak, tujuannya agar anak-anak bisa fokus menyaksikan acaranya.
Bupati Mirna mengatakan, bahwa memberikan arahan dengan kemarahan terhadap anak kurang baik. Namun ketika anak-anak tidak mau diam saat ada seseorang sedang berbicara, menggambarkan sistem pendidikan yang terlalu membebaskan, sehingga kurang baik.
Untuk itu, maka harus ada ada sistem pembelajaran baru yang lebih baik untuk anak-anak TK dan PAUD. “Saya ucapkan selamat berhari PAUD, ayo bersama-sama kita perbaiki kualitas para generasi sejak usia dini, sehingga ke depan akan menjadi generasi yang handal,” tandasnya.