Harpi Kendal akan Patenkan Pakaian Pengantin Khas Kendal

Harpi Kendal akan Patenkan Pakaian Pengantin Khas Kendal

0
96

DPC Himpunan Perias Pengantin Indonesia (Harpi) Kendal berencana mematenkan pakaian pengantin khas Kendal. Hal ini disampaikan oleh Ketua DPC Harpi Kendal, Nur Fachrudin saat acara Seminar Tatarias Pengantin yang digelar di Pendopo Tumenggung Bahurekso Rabu 15 Januari 2019.

Nur fachrudin mengatakan, sosialisasi sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu, sehingga diharapkan sudah bisa dipatenkan di tahun 2020 ini. Dalam proses mematenkan pakaian pengantin khas Kendal ini, pihak Harpi Kendal juga melibatkan narasumber dan berbagai pihak, termasuk dari Permadani dan seniman.  “Untuk mematenkan ini, kami berkoordinasi dengan berbagai narasumber untuk menggali pakaian pengantin yang zaman dulu di Kendal,” jelasnya.
Dikatakan, pakaian pengantin khas Kendal ini mengacu pada pakaian pengantin zaman dulu, namun mengikuti trend modern. “Jadi, ada perpaduan pakaian pengantin zaman dulu dengan gaya modern,” jelasnya.
Menurut Nur Fachrudin, perias pengantin harus mengikuti trend sesuai zaman. Untuk itu pada Seminat Tatarias Pengantin yang diikuti 200 anggota Harpi Kendal menghadirkan ahli tatarias pengantin Bunda Pipit dari Jepara. Pada seminar kali ini diajarkan teknik tatarias bold dan floss. “Tatarias bold yaitu tatarias wajah dengan make up tajam, sedangkan flos bergaya tatarias yang kalem namun berkarakter,” jelasnya.