Komunitas 1001 Pendaki Tanam Pohon Kendal di Lereng Gunung Ungaran

Komunitas 1001 Pendaki melakukan penanaman pohon di lereng Gunung Ungaran

0
220

Komunitas 1001 Pendaki kembali melakukan penanaman pohon di  lereng Gunung Ungaran sektor Promasan pada Minggu (26/1/2020). Kegiatan yang ketiga kali ini diikuti sekitar 1.800 peserta dari berbagai daerah lintas provinsi dan lintas generasi. Bahkan terdapat 1 kelompok yang ikut penanaman asal luar negeri yaitu Singapura.

 

Bupati Kendal Mirna Annisa yang dua tahun sebelumnya selalu membuka kegiatan penanaman pohon, kali ini juga mengawali penanaman pohon bersama anggota Forkopimda dan para pejabat Pemkab Kendal. Pembukaan dilakukan di lapangan Promasan yang dipenuhi ratusan tenda para peserta sebelumnya yang telah bermalam dan melakukan pendakian.

 

Menurut Bupati Kendal Mirna Annisa, dari tahun ke tahun jumlah peserta terus mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan gerakan tanam pohon sebagai langkah melestarikan dan menjaga alam semakin mendapat perhatian.

“Alhamdulillah beberapa tahun ini setiap saya ikut menanam, banyak pendaki yang jelas berpartisipasi dalam gerakan tanam pohon dengan tema 1001 pendaki. Tahun 2019 kemarin kurang lebih 1200 pendaki dan saat ini sungguh luar biasa mencapai 1800 pendaki yang hadir, jelas ini menandakan semakin besarnya orang yang peduli pelastarian,” kata Mirna Annisa.

 

Ketua panitia  Sigit Wijanrko menyampaikan aktifiatas penanaman yang dilakukan oleh Komunitas 1001 Pendaki tahun ini menanam 3.240 pohon. Jenis pohon yang ditanam ada sekitar 15 jenis pohon, salah satunya Pohon Kendal sebanyak 150 bibit. “Kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian ini sungguh luar biasa. Sejak pendaftaran kemarin siang pada hari Sabtu memang sudah banyak,” jelas Sigit Wijanarko.

 

Mast Noer, aktivis lingkungan sekaligus penggerak kegiatan ini mengatakan, bahwa pohon-pohon yang telah ditanam pada tahun sebelumnya sudah tampak besar. Pasalnya, pasca penanaman pohon, nantinya komunitas 1001 Pendaki akan terus merawat pohon selama 1 bulan setelah proses tanam. “Kami terus memantau setelah penanaman supaya tumbuh dengan baik,” katanya.