Cegah Abrasi, Pantai Ngebum Ditanami Pohon Cemara Laut

Mahasiswa KKN Upgris tanam pohon cemara laut di Pantai Ngebum

0
189
Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang di Desa Mororejo Kaliwungu melakukan penanaman 1001 pohon cemara laut di Pantai Ngebum. Kegiatan yang dilakukan pada Kamis 13 Februari 2020 diikuti sekitar 100 peserta dari mahasiswa KKN dan komunitas pecinta alam dan warga desa setempat.
Ketua panitia dari mahasiswa KKN, Harry mengatakan, kegiatan penanaman pohon, sekaligus bersih-bersih pantai ini merupakan progran kerja unggulan KKN Upgris di Desa Mororejo Kaliwungu. Tujuannya untuk mencegah abrasi dan melestarikan lingkungan, sehingga akan meningkatkan daya tarik wisata, karena akan membuat pantai wisata Ngebum semakin indah dan bersih. “Semula program kami akan membuat spot-spot selfi, namun dari pihak desa diarahkan untuk mengadakan penanaman pohon di Pantai Ngebum,” katanya.
Ketua Desa BUMDes Mororejo Abdullah Faqihudin mengatakan, salah satu unit usaha BUMDes Morororejo adalah pengelolaan wisata Pantai Ngebum. Menurutnya, abrasi merupakan siklus tahunan yang sudah terjadi sejak lama. Namun jika tidak ada tindakan antisipasi, maka kondisi abrasi bisa semakin parah. Pada musim air laut pasang, area daratan pantai sepanjang 6 sampai 8 meter akan tergenang air laut. “Kegiatan  penanaman pohon cemara laut di sepanjang pantai ini akan bermanfaat bagi warga dan pengunung wisata, karena bisa mencegah abrasi,” ujarnya.
Kasi Pengendalian Kerusakan Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup Kendal,  Anung Dwikorawan mengatakan, bahwa abrasi merupakan fenomena alam yang sulit dicegah. Akibat terkena abrasi, banyak tanaman di tepi pantai yang mati, karena tergerus oleh abrasi. Oleh karena itu untuk semua pihak, baik dari desa maupun dinas terkait agar bersama-sama ikut bergerak untuk melestarikan lingkungan. “Sementara yang bisa dilakukan untuk mencegah abrasi dengan melakukan penanaman pohon cemara, karena kewenangan laut berada pada Provinsi, seperti membuat pemecah gelombang, sehingga kami mengusulkan ke provinsi,” katanya.