Popda SD SMP SMA Tingkat Eks Karesidenan Semarang Dibuka dengan Temu Teknik semua Cabor

Temu Teknik Popda SD SMP SMA Tingkat Eks Karesidenan Semarang

0
144
Pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) SD, SMP dan SMA sederajat se eks Karesidenan Semarang yang akan berlangsung tanggal 17-19 Februari 2020 sudah diawali dengan Teknikal Meeting di GOR Bahurekso Kendal, Kamis (13/2/2020). TM diikuti perwakilan official masing-masing kabupaten/kota peserta Popda.
TM membahas konsep dan ketentuan masing-masing cabang olahraga (cabor) sekaligus jadwal masing-masing cabor. TM juga sebagai pembukaan pesta olahraga pelajar SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA/SMK.
Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal, Agung Setiawan dalam hal ini diwakili Kepala Bidang Kepemudaan, Kisnandar, mengatakan, Kendal sebagai tuan rumah telah melakukan persiapan maksmimal untuk menyambut tamu-tamunya. Sarana prasarana penunjang sudah dipersiapkan, termasuk penginapan untuk para kontingen luar daerah.
“Kami maksimalkan persiapan. Kali ini kita adakan temu teknik tujuannya biar semua cabor berjalan dengan maksimal sesuai rencana dan tidak ada kendala khusus dengan ketentuan masing-masing,” terangnya di lokasi.
Kisnandar berharap, pelaksanaan pertandingan berjalan fair play, sehingga menghasilkan atlet yang benar-benar berprestasi. Pasalnya tujuan Popda tidak sekedar mencari kemenangan, tetapi juga menjalin silaturahmi dan persahabatan. “Yang penting berjalan dengan lancar dan baik dan menghasilkan para atlet yang benar-benar berprestasi,” ungkapnya.
Ada tujuh cabor yang dipertandingkan pada Popda tingkat eks karesidenan. Cabor Sepak Takraw berlangsung sebagai pembuka, Kamis (17/2/2020) di Gor Sasana Krida Bahurekso Kendal. Pencaksilat pada 18-19 Februari ditempat sama, Karate pada 20 Februari, Taekwondo pada 21-22 Februari, dan Basket pada 23-26 di Gor Sasana Krida Bahurekso Kendal.
Untuk cabang oahraga Bola Volly berlangsung sejak 17-19 Februari di Halaman Stadion Utama Kendal. Sedangkan cabor Sepakbola berlangsung pada 17-19 Februari di Stadion Utama Kebondalem dan Stadion Madya Kendal. Sepakbola tingkat SMA berlangsung pada 17 Februari, SMP 18 Februari, dan SD 19 Februari.
Kabid Pembina Prestasi Olahraga Dispora Kota Semarang, Nur Syamsi, optimistis bisa meraih hasil maksimal di Popda eks Karesidenan Semarang. Ia berharap bisa memperoleh hasil maksimal di Kendal serta menargetkan juara umum di tingkat provinsi nanti.
“Anak-anak kami tidak semua cabor pada tingkat eks karesidenan dikarenakan mendapat wildcard ke tingkat provinsi,” katanya.
Nur Syamsi mengatakan, pada Popda tingkat Provinsi Jateng, Kota Semarang meraih juara umum pertama untuk tingkat SD, sedangkan untuk SMA dan SMP juara umum kedua. Ia optimis pada tahun 2020 ini semuanya bisa meraih juara umum pertama. “Untuk atlet kita sudah lakukan pembibitan semaksimal mungkin dan  melakukan TC setiap akan masuki babak,” ujarnya.