Pemkab Kendal Gelar Tes SKD CAT bagi Peserta Seleksi CPNS di Hotel UTC Semarang

Pemkab Kendal Gelar Tes SKD CAT bagi Peserta Seleksi CPNS di Hotel UTC Semarang

0
305
Pemerintah Kabupaten Kendal melalui  Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) menyelenggarakan tes Sistem Kompetensi Dasar (SKD) CAT BKN untuk pelamar seleksi CPNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal yang telah lolos seleksi berkas administrasinya. Tes dilakukan di Hotel UTC Semarang selama dua hari, tanggal 19-20 Februari 2020. Pelaksanaannya setiap hari dibagi menjadi 5 sesi yang masing-masing sesi diikuti kurang lebih oleh 505 orang peserta.

Pada hari pertama dilakukan pembukaan yang dihadiri Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur mewakili Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, Sekda Kendal Moh Toha dan dan para Kepala OPD Kendal terkait. Juga dihadiri  Deputi Pengawasan Pengendalian BKN Pusat, Otok Kuswandaru.
Dalam laporannya Kepala BKPP Kendal, Cicik Sulastri menyampaikan, tujuan penyelenggaraan SKD ini  adalah sebagai rangkaian proses tahapan seleksi yang harus dilalui agar peserta memiliki SDM unggul dan memiliki kualifikasi dan kompetensi.
Kabupaten Kendal mendapat formasi kebutuhan CPNS Tahun 2019 sebanyak 285 formasi yang terdiri dari 154 formasi guru, 107 formasi kesehatan dan 24 formasi teknis. “Jumlah pelamar sebanyak 5.464 orang dan yang Iolos seleksi administrasi sebanyak 5.048 pelamar,” katanya.
Deputi Pengawasan dan Pengendalian BKN Pusat, Otok Kuswandaru menyarankan kepada peserta tes untuk tenang agar tidak mengurangi energi sebelum tes dimulai. Peserta tes diharapkan bisa manfaatkan fasilitas negara yang sudah diberikan dengan sebaik – baiknya dan penuh dengan keseriusan. Proses seleksi CAT ini utamanya adalah basis akuntabilitas dan transparansi.  “Jadi saudara-saudara semua tidak ada yang bisa menolong diri kita untuk lolos dalam seleksi CAT ini, kecuali diri kita sendiri, karena tes ini benar benar transparasi,” terangnya.
Wakil Bupati Masrur  menghimbau, agar seluruh peserta tidak percaya terhadap oknum-oknum tertentu, baik yang mengatasnamakan Pemerintah Kabupaten Kendal, pejabat maupun pihak lain yang menjanjikan meloloskan menjadi Calon Aparatur Sipil Negara. Pasalnya, pelaksanaan ujian SKD Calon ASN ini berlangsung  bersih dan transparan, karena telah menggunakan aplikasi elektronik yang sistematik dan bersifat terbuka.
“Sekali Iagi, saya tegaskan bahwa yang akan diterima menjadi Calon ASN Kabupaten Kendal, benar-benar merupakan peserta terbaik dari hasil Seleksi Administrasi, Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT),” tegasnya.
Wabup Masrur juga meminta kepada panitia dan pengawas seleksi tes Calon ASN ini, agar dapat melaksanakan tugasnya secara profesional dan objektif serta akuntabel. Dengan demikian, maka dapat menghasilkan Calon ASN yang berkualitas dan memenuhi keahlian serta kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan daerah dalam bidang tertentu atas klasifikasi formasi yang telah ditetapkan.
“Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan, bimbingan, petunjuk dan kemudahan kepada kita semua, sehingga pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan baik,” pungkasnya.