Mayoritas Incumbent Gagal Terpilih Kembali pada Pilkades Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Kendal

Mayoritas Incumbent Gagal Terpilih Kembali pada Pilkades Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Kendal

0
317
Pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Kendal yang sudah digelar pada 18 Maret 2020 diikuti 199 desa. Sebanyak 120 orang di antaranya adalah incumbent, namun yang hanya 50 orang di antaranya yang terpilih kembali menjadi kepala desa. Ini berarti 58 persen incumbent gagal menjadi kepala desa kembali.

“Data sudah selesai diplenokan tingkat P2KD. Untuk yang incumbent dari 120 orang, namun yang terpilih kembali ada 50 orang, tiap kecamatan ada. Untuk calon perempuan yang terpilih sebagai kepada desa ada 19 orang,” terang Kepala Bagian (Kabag) Setda Kendal, Ircham Chalid.
Ircham mengatakan, untuk angka partispasi masyarakat dalam Pilkades 2020 mencapai 83 persen. Angka partisipasi masyarakat tertinggi berada di Desa Pagertoyo Kecamatan Limbangan sebesar 95 persen dari total 706 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sedangkan angka partisipasi terendah di Desa Sukodadi Kecamatan Patean sebesar 70 persen dari jumlah DPT 5.493 orang. “Secara umum angka partisipasinya naik 6 persen dari Pilkades sebelumnya di angka 77 persen,” jelasnya.
Rencananya seluruh kades terpilih akan ditetapkan dan dilantik ke Bupati Kendal Mirna Annisa pada 23 Maret nanti. Pihaknya menunggu kesepakatan bupati untuk menerima dan menetapkan serta melantik para kades terpilih dengan jadwal antara Mei-Juni mendatang. “Pelantikan akan dilaksanakan serentak di Pendapa Tumenggung Bahurekso Kendal Kendal nantinya,” ujarnya.
Hasil pleno tingkat P2KD terhadap nama-nama yang terpilih rencananya akan disampaikan untuk ditetapkan dan dilantik ke Bupati Kendal Mirna Annisa pada 23 Maret nanti. Waktu pelaksanaan pelantikan, pihaknya menunggu kesepakatan bupati untuk menerima dan menetapkan serta melantik para kades terpilih dengan jadwal antara Mei-Juni mendatang. Pelantikan akan dilaksanakan serentak di Pendapa Tumenggung Bahurekso Kendal nantinya.
“Alhamdulillah semua berjalan aman tidak ada protes berlebih. Saya berharap kades terpilih bisa menjalankan amanat warga dengan sebaik-baiknya. Bagi yang belum terpilih untuk bisa legowo dan tidak perlu menyalahkan siapapun,” harapnya.