Bupati Kendal Minta supaya RT/RW dan Guru Dilibatkan sebagai Agen Sosialisasi Pencegahan Virus Corona

Rakor Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Kendal

0
151

Bupati Kendal Mirna Annisa meminta kepada seluruh OPD terkait untuk bergerak cepat dalam penanganan pencegahan virus corona, terutama menggencarkan tentang perlunya Social Distancing. Hal ini disampaikan Bupati Kendal saat memimpin Rapat Koordinasi Gugus Tugas Cepat Penanganan Covid-19 Kabupaten Kendal di ruang Ngesti Widhi, Selasa (24/3/2020).

“Pentingnya edukasi di seluruh masyarakat, karena masih banyaknya masyarakat Kendal yang belum sadar,” katanya.

 

Bupati meminta kepada Sekda Kendal Moh Toha sebagai ketua Tim Gugus Tugas untuk segera membuat tim hingga tingkat elemen masyarakat, untuk memberikan pengertian tentang Social distancing.

 

“Saya minta supaya libatkan RT/RW dan guru untuk menjadi agen dalam mengingatkan social distancing, terutama kepada orang tua dalam melarang anaknya untuk tidak keluar rumah, sekaligus memberikan sosialisasi tentang cuci tangan dan menjaga kesehatan,” terang Mirna Annisa.

 

 

Dalam rakor disampaikan, peran dari TNI/Polri adalah sebagai koordinator dalam lingkup besar dengan melibatkan Babinsa dan Babinkamtibmas. Sesuai arahan Bupati Kendal,  agar Sekda Kendal sebagai Ketua dari Gugus Tugas segera menyusun sekema pencegahan dari masing-masing instansi termasuk posko pemerintah, membuat call center, serta membuat basis laporan yang berisi informasi warga yang mengalami demam, batuk serta pilek setidaknya dalam radius RT dapat termonitor.