Cegah Virus Corona, Orang yang akan Masuk Wilayah Kabupaten Kendal Dicek Suhu Tubuh

Cegah Virus Corona, Orang yang akan Masuk Wilayah Kabupaten Kendal Dicek Suhu Tubuh

0
210

Pemkab Kendal menempatkan petugas di perbatasan wilayah untuk melakukan pengecekan suhu tubuh bagi warga dari luar Kendal yang akan masuk ke wilayah Kabupaten Kendal. Hal ini dilakukan untuk menghindari penularan virus Corona atau Covid 19 yang saat ini meresahkan. Jika suhu tubuhnya melebihi 37 derajat maka diminta untuk balik arah dan pulang.

Ada empat wilayah perbatasan yang di lakukan pengecekan, yaitu di Desa Campurejo Kecamatan Boja yang perbatasan Kendal dengan Kota Semarang, Desa Gondang Kecamatan Limbangan yang perbatasan Kendal dengan Kabupaten Semarang, Desa Kertomulyo Kecamatan Plantungan perbatasa Kendal Batang serta Desa Pagersari Kecamatan Patean yang merupakan perbatasan Kendal Temanggung.

Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid 19, Winarno saat memantau kegiatan screening di Desa Campurejo Kecamatan Boja, Kamis (26/3) menjelaskan, tujuan dari Screening ini untuk memangkas penyebaran virus corona dari wilayah lain. Semua yang melintas diperiksa suhunya, apabila tinggi maka oleh petugas kesehatan diberikan pengarahan dan diminta untuk berputar arah pulang ke rumahnya. “Jika warga Kendal, maka akan berkoordinasi dengan Ddinas Kesehatan untuk dilakukan penanganan,”ujar Winarno.

Salah satu yang diperiksa suhu tubuhnya tinggi 37,2 derajat celcius adalah Alif, warga Kecamatan Mijen Semarang. Oleh petugas, Alif tidak boleh melajutkan perjalanan dan diminta pulang untuk istirahat. Swmula ia enggan menuruti saran, namun setelah diberi penjelasan oleh petugas kesehatan akhirnya bersedia pulang. “Saya disarankan untuk pulang ke rumah  dan diminta untuk beberapa hari istirahat di rumah agar tidak terkena atau tertular virus corona,”ujar Alif usai diperiksa.

Sementara itu Puji Astuti petugas kesehatan yang memeriksa suhu badan menjelaskan, suhu badan yang normal sekitar 36 derajat sampai 36,5 derajat. Oleh karena itu bagi yang suhu badannya di atas 37, maka diminta pulang dan istirahat di rumah supaya bisa aman dari penyebaran viris corona. “Kami menyarankan agar selalu minum air putih hangat setiap 20 menit sekali agar tubuh tidak kemasukan virus.