Semua Masjid di Kabupaten Sebanyak 802 Masjid Serentak Lakukan Semprot Disinfektan

Pemkab Kendal gandeng Baznas lakukan semprot disinfektan serentak di seluruh masjid di Kabupaten Kendal

0
114
Seluruh masjid di Kabupaten Kendal yang berjumlah 802 melakukan penyemprotan disinfektan secara serentak pada Kamis (26/3/2020) malam. Aksi serentak ini diprakarsai Pemkab Kendal bersama Baznas Kendal dengan menggandeng GP Ansor Kabupaten Kendal.
Aksi semprot disinfektan serentak ini diawali di Masjid Agung Kendal usai sholat Isya berjamaah dihadiri Sekda Kendal dan Ketua Baznas Kendal bersama Takmir Masjid Agung Kendal dan para pejabat Pemkab Kendal. Petugasnya melibatkan PMI Kendal dan remaja masjid.
Ketua Baznas Kendal, H. Ubaidillah mengatakan, kegiatan ini atas instruksi dari Baznas Pusat dan Pemkab Kendal sebagai bentuk kepedulian untuk mencegah wabah virus Corona. Segala kebutuhan untuk penyemprotan disinfektan disediakan oleh Baznas Kendal, seperti sabun cuci tangan dan disinfektan. Untuk kegiatan ini Baznas Kendal mengeluarkan anggaran sebanyak Rp. 350 juta,” “Baznas tidak hanya memberikan bantuan disinfektan, tapi juga menggerakkan supaya masjid di kampung-kampung bisa melakukan seperti ini tidak hanya kali ini saja.
Baznas Kendal juga memberikan fasilitas cuci tangan di seluruh masjid yang berbeda di jalur Pantura dan jalur utama di Kabupaten Kendal. Jumlahnya ada 100 masjid yang diberi fasilitas cuci tangan, berupa drum tempat air dan sabun cuci tangan. “Untuk bantuan drum hanya di masjid yang berada di jalur Pantura dan jalur utama, seperti jalur Kaliwungu – Boja dan Weleri – Sukorejo, karena sering disinggahi orang-orang yang lewat di jalan tersebut,” jelasnya.
Dikatakan, Baznas Kendal juga siap membantu Pemkab Kendal dalam menangani wabah virus Corona lainnya, seperti bantuan untuk keperluan isolasi di rusunawa, jika nantinya dibutuhkan. “Baznas Kendal siap membantu program Pemkab Kendal dalam upaya menangani wabah virus Corona, karena hal ini sudah diinstruksikan oleh Baznas Pusat,” ujarnya.
Sekda Kendal, Moh. Toha atas nama Bupati Kendal mengatakan, pihak Pemkab sendiri sudah banyak melakukan upaya untuk mencegah virus Corona, seperti penyemprotan disinfektan di kantor-kantor pemerintah, pasar, terminal, dan masjid serta pondok pesantren. Selain itu juga menyediakan masker dan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis di rumah sakit dan puskesmas. “Mari bersama mengantisipasi berkembangnya virus Corona, khususnya di Kabupaten Kendal. Kepada masyarakat dihimbau untuk menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan, olahraga, makan yang cukup dan bergizi. Tidak keluar rumah, kecuali sangat penting,” himbaunya.

BAGIKAN