Pertama Kalinya Di Kendal Ditemukan 1 Pasien Positif Covid-19

Pertama kalinya di Kendal Ditemukan 1 Pasien Positif Covid-19

0
765
Untuk pertama kalinya rumah sakit rujukan di Kabupaten Kendal merawat seorang pasien positif virus corona atau covid-19. Pasien berinisial R, usia 10 tahun tinggal di wilayah Kecamatan Kaliwungu Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando Bonay menjelaskan, riwayat bocah itu setelah dari Solo pada 28 Maret mengalami demam dan batuk. Kemudian pada 31 Maret dirawat di rumah sakit rujukan di Kendal. Setelah kondisinya baik, pada tanggal 4 April diperbolehkan pulang. Namun pada tanggal 5 April malam, pihak Dinkes menerima hasil pemeriksaan swab anak tersebut, ternyata positif terkena virus corona. Selanjutnya tanggal 6 April anak tersebut dijemput untuk diisolasi dari rumah sakit rujukan di Kendal.
“Saat ini petugas medis Puskesmas Kaliwungu melakukan tracing di tempat tinggal anak tersebut untuk mendata orang-orang yang melakukan kontak dengan anak tersebut supaya wabah virus corona tidak meluas,” jelasnya.
Feri mengatakan, dengan ditemukannya pasien positif covid-19, maka berdasarkan data per 6 April 2020 di Kabupaten Kendal terdapat 1 pasien positif covid-19, PDP 9 orang, ODP 115 orang, OTG 5 orang, sembuh (negatif covid-19) ada 11 orang dan PPDT 7324.
Terkait dengan sudah ada pasien yang dinyatakan positif covid-19 di Kabupaten Kendal, Bupati Kendal Mirna Annisa menghimbau kepada seluruh masyarakat, untuk memperhatikan beberapa hal dalam upaya pencegahan dan penanganan wabah virus ini. Di antaranya untuk bersama memperhatikan saudara-saudaranya yang baru kembali dari luar daerah untuk memeriksakan diri dan isolasi diri di rumah. Saling menjaga kondusivitas wilayah dan bekerja sama dengan aparat pemerintah desa. Menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh dan mengantisipasi bagi yang memiliki anak-anak kecil, karena kondisi sehat belum tentu tidak terpapar virus covid ini.
“Kami himbau untuk masyarakat tetap berada di rumah saja jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak. Tetap gunakan masker jika harus keluar rumah dan terus berdoa memohon kesehatan dan keselamatan. Dengan kita berada di rumah akan menyelamatkan banyak nyawa,” imbauannya.