Hindari Covid-19, Masjid Agung Kendal tidak Adakan Solat Idul Fitri 1441 H

Hindari Covid-19, Masjid Agung Kendal tidak Adakan Solat Idul Fitri 1441 H

0
114

Masjid Agung Kendal tidak mengadakan solat Idul Fitri 1441 H. Pengumuman ini secara resmi disampaikan oleh Takmir Masjid Agung Kendal, KH Ubaidillah usai salat jamaah Jumat di Masjid Agung Kendal, Jumat (22/5/2020).

“Pada Hari Raya Idul Fitri nanti, Masjid Agung Kendal tidak mengadakan solat Idul Fitri, silahkan kepada para jamaah bisa melaksanakan sholat Idul Fitri di rumah,” katanya.
H. Ubaidillah menjelaskan, keputusannya tidak mengadakan solat Idul Fitri ini berdasarkan surat edaran dari Kementerian Agama, MUI pusat dan MUI Jateng. Selain itu juga berdasarkan hasil rapat Pemkab Kendal bersama MUI Kendal dan Takmir Masjid Agung Kendal. “Keputusan ini demi kebaikan bersama, untuk mencegah penularan virus Corona, karena kita tidak tahu kondisi para jamaah yang datang dari daerah mana saja, sehingga harus waspada. Apalagi solat Idul Fitri itu termasuk sunah, sehingga tidak dikerjakan pun tidak apa-apa,” jelasnya.
Masjid Agung Kendal juga tidak mengadakan acara khaul Akbar Wali Joko yang biasanya dikunjungi ribuan warga muslim wilayah Kendal. Khaul Waji Joko diadakan tiap tanggal 8 Syawal atau satu pekan setelah lebaran. “Untuk khaul Wali Joko tidak dilakukan secara besar-besaran seperti tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya.