45 Cabor Ikuti Pelatihan Pelatih Fisik Level 1 Nasional

45 Cabor Ikuti Pelatihan Pelatih Fisik Level 1 Nasional

0
198

Swarakendal.com : Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal mengadakan pelatihan pelatih fisik level satu  nasional bagi cabang olahraga Kabupaten Kendal. Kegiatan yang dilakukan di mess atlet komplek Stadion Utama Kendal dimulai sejak Sabtu 28 Mei 2022 sampai  Senin 30 Mei 2022. Sebagai pemateri menghadirkan narasumber diantaranya, Profesor  Doktor Ria Lumintuarso, Ketua Lembaga Pendidikan Pelatihan Olahraga (LP2O) Lankor dan dokter Devi Tirtawirya selaku anggota LP2O Lankor.

Kegiatan ini dibuka oleh Pj Sekda Kendal, Kepala Disporapar Kabupaten Kendal, Achmad Ircham Chalid, Ketua Umum Koni Kabupaten Kendal, Subur Isnadi, serta para pengurus Koni dan para pelatih dari berbagai cabang olahraga di Kabupaten Kendal. 

Kepala Disporapar Kabupaten Kendal, Achmad Ircham Chalid mengatakan, dari 51 cabor yang ada di Kabupaten Kendal, ada 45 cabor yang diikutkan dalam kegiatan pelatihan ini. Katanya, dalam olahraga tidak hanya mengandalkan teknik, tapi juga harus diimbangi dengan kekuatan fisik. “Cabor yang tidak diikutkan itu cabor yang tidak mengandalkan fisik, seperti catur dan bridge,” katanya, Senin (30/5/2022).

Dikatakan, olahraga apapun membutuhkan fisik yang kuat, sehingga dengan pelatihan ini diharapkan dalam penanganan para atlet bisa lebih optimal. “Apalagi dengan mendatangkan narasumber yang ahli di bidangnya, tentu akan lebih detail dalam memberikan pelatihan,” tandasnya.

Menurut Ketua Koni Kendal, Subur Isnadi, keberadaan pelatih fisik sudah menjadi kebutuhan di dunia olahraga. Untuk itu, dalam pelaksanaan pelatihan ini bukan sekadar untuk mengejar mendapatkan sertifikat, tetapi peserta dituntut bisa mengembangkan ilmu dan kemampuan kepelatihannya. “Pada akhirnya, dengan kemampuan pelatih dalam meningkatkan fisik para atlet, maka akan mendorong perkembangan dan kemajuan prestasi olahraga di Kabupaten Kendal,” ujarnya.

Pj Sekda Kendal, Sugiono mengapresiasi adanya pelatihan bagi para pelatih olahraga ini. Menurutnya, pelatihan pertama ini merupakan terobosan terbaru untuk kemajuan olahraga di Kabupaten Kendal. Olahraga terdiri dari fisik, teknik, taktik dan mental, sehingga fisik sangat penting. “Karena olahraga itu mengandalkan fisik, maka pelatihan ini sangat perlu diikuti oleh para pelatih cabang olahraga,” katanya.