546 Peserta Ikut Kejuaraan Pencak Silat Bupati Kendal Cup 2018

0
1806

Sebanyak 546 peserta dari 143 sekolah di Kabupaten Kendal mengikuti Kejuaraan Pencak Silat Pelajar Bupati Cup 2018 yang berlangsung di GOR Bahurekso Kendal pada Senin dan Selasa (19-20/11/2018) mulai pagi sampai malam. Untuk kelompok SD diikuti 114 peserta, kelompok SMP 233 peserta dan  kelompok SMK/SMA 199 peserta.

Menurut Ketua IPSI Kabupaten Kendal, Arvani, banyaknya sekolah yang mengkuti kejuaraan ini menunjukkan bahwa olahraga pencak silat sudah merata di Kabupaten Kendal.  Oleh karena itu, agar potensi ii bisa meningkatkan prestasi, maka harus ada dukungan dari pemerintah dan stake holder lainnya. “Ekstrakurikuler pencak silat sudah merata di sekolah, terutama di SMP, hampir semua ada pencak silat,” katanya.
Arvani mengatakan, bahwa pencak silat itu tidak sekedar olahraga, namun di dalam pencak silat diajarkan pendidikan budi pekerti untuk pembentukan karakter yang kuat. Untuk itu agar semua pihak ikut nguri-nguri, sehingga para pelajar sebagai penerus bangsa bisa berkembang menjadi manusia yang sejati dan berguna bagi nusa dan bangsa. Harapannya agar kejuaraan pencak silat di Kabupaten Kendal selalu digelar tiap tahun, sehingga pembinaan atlet pencak silat akan terwujud dan berjalan secara berkesinambungan.
“Pembinaannya terus kontinyu mulai dari SD sampai lulus SMA, dan melalui kejuaraan akan diketahui kemampuan atlet. Tanpa ada kejuaraan ya mana bisa melihat kemampuan atlet, sehingga kejuaraan harus selalu diadakan,” ujarnya.
Ketua panitia, Mashadi mengatakan, pada kejuaraan ini untuk kelompok SD hanya pemasalan, mulai dari kelas di bawah 22 sampai 50 kilogram. Sedangkan untuk SMP dan SMA full kompetisi, mulai dari kelas A sampai I, baik putra maupun putri.