Abdul Aziz Raih Juara 1 Tournamen Perca Bahurekso Cup

Tournamen Catur Bahurekso Kendal Cup 2018

0
1212

Abdul Aziz dari Weleri berhasil meraih juara pertama pada Tournamen Catur Bahurekso Cup Tingkat Kabupaten Kendal yang digelar di Lantai II Kendal Permai Minggu 14 Januari 2018. Abdul Aziz meraih nilai 6 1/2 atau nyaris sempurna dari tujuh babak permainan. Hanya satu babak yaitu di babak ketujuh yang hanya bermain remis. Juara kedua diraih oleh Sujo dari Karangayu Cepiring dan juara ketiga diraih Edi Prawoto dari Weleri.

Menurut panitia, Erna, pada tournamen kali ini menggunakan sistem Swiss dengan tujuh babak, yang tiap babaknya berdurasi 20 menit. Semua pemain bermain tujuh kali, yaitu pemain yang menang dipertandingkan dengan yang menang, dan pemain yang kalah dipertandingkan dengan yang kalah, kemudian jumlah nilainya ditotal. “Kalau menang mendapat nilai 1 dan kalau remis mendapatkan nilai setengah (1/2),”jelasnya.
Kegiatan ini diadakan oleh Persatuan Catur (Perca) Bahurekso Kendal. Ketua Perca Bahurekso, Setyabudi SP mengatakan, kejuaraan catur yang pertama kali digelar oleh Perca Bahurekso ini diikuti 64 peserta. Kejuaraan hanya mempertandingkan kategori umum atau tanpa pengelompokkan usia. “Tidak ada pengelompokkan usia, walaupun ada peserta yang masih SMP ya tetap dianggap sama. Karena event ini pertama kali digelar, jadi hanya untuk kelas umum, tapi untuk mendatang akan ada pengelompokkan usia,”katanya.
Setyabudi yang didampingi Sekretarisnya Muhdor dan Nashori mengatakan, tujuan event ini digelar untuk mencari pemain yang terbaik, sekaligus mencari bibit-bibit atlet catur di Kendal. Untuk 10 peserta terbaik mendapatkan hadiah uang pembinaan, dan khusus tiga peserta terbaik juga diberikan piala dari Ketua DPRD Kendal. “Hampir tiap hari anggota Perca Bahurekso bermain yang jumlahnya 100 lebih selalu bermain catur, maka untuk mengetahui pemain yang terbaik diadakan lomba atau tournamen ini,”ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.