Ada Larangan Mudik Lebaran, KMP Kalibodri Zero Penumpang

Ada Larangan Mudik Lebaran, KMP Kalibodri Zero Penumpang

0
122

KBRN, Kendal : KMP Kalibodri, satu-satunya kapal di Pelabuhan Kendal yang melayani tujuan Kendal – Kumai Kalimantan Tengah sejak Minggu (25/04/2021) sudah tidak membawa penumpang lagi. Keberangkatan dari Pelabuhan Kendal untuk sementara hanya membawa logistik selama ada larangan mudik Lebaran.

Kepala UPTD Pelabuhan Kendal, Andy Rahmat Yulianto mengatakan, pelayanan untuk penumpang dibuka kembali setelah masa pelarangan mudik Lebaran berakhir. Kapal hanya diperbolehkan membawa logistik, obat-obatan dan tenaga medis. “Kedatangan terakhir hari Minggu kemarin sudah zero penumpang dan keberangkatan lagi tanggal 1 Mei hanya membawa logistik dan zero penumpang,” katanya, Senin (26/04/2021).

Andy mengatakan, Kapal Kalibodri berangkat ke Kumai seminggu dua kali, demikian pula kembali ke Kendal juga dua kali seminggu. Berdasarkan Surat Edaran Gubernur Kalimantan Tengah, untuk penumpang harus menyertakan hasi tes PCR Covid-19, sedangkan untuk sopir harus menyertakan hasil rapid tes antigen. Pemeriksaan di pelabuhan dilakukan oleh tim dari KSOP, TNI AL, petugas dari Dinas Perhubungan dan petugas KKP. “Kapasitas kapal ini memuat 390 penumpang, tapi karena ada larangan mudik, maka hanya membawa logistik,” katanya.

Sementara itu, Kasi Manajemen Rekayasa Lalulintas Dinas Perhubungan Kendal, M Sofwan mengatakan, untuk pelayanan arus mudik Lebaran dilakukan bersama Polri yang akan mendirikan 9 pos pelayanan. Sembilan pos akan ditempatkan di exit tol Kaliwungu, exit tol Pegandon, exit tol Weleri , rest area Rowobranten, rest area Wungurejo, Bunderan Sukorejo, Terminal Boja, Pos Cepiring dan Pos Induk Kota Kendal. Penugasan akan diintensifkan mulai H minus 7 sampai H plus 7 Lebaran. “Penjagaan di posko secara intensif mulai H minus 7 sampai H plus 7 Lebaran, tapi bisa juga dimajukan, tergantung kondisi,” jelasnya.