Ajak Anak-anak Cintai Wayang, Disdikbud Kendal Gelar Lomba Kenal Wayang

Lomba Kenal Wayang tingkat SD se Kab Kendal

0
1543
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal kembali menggelar Lomba Kenal Wayang tingkat Sekolah Dasar se Kabupaten Kendal. Lomba yang diadakan di Pendopo Kabupaten pada Kamis 26 April 2018 ini diikuti 20 regu, perwakilan dari masing-masing UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan. Sebelumnya, dari masing-masing kecamatan telah melakukan seleksi untuk mencari regu terbaik yang mewakili kecamatan pada Lomba Kendal Wayang tingkat kabupaten.

“Sebelumnya di masing-masing kecamatan atau UPTD sudah mengadakan seleksi sendiri, ada sekitar 560 SD/MI,”kata Kabid Kebudayaan Disdkbud Kendal, Irianto.
Dikatakan, Lomba Kendal Wayang tingkat Kabupaten ini sudah berjalan beberapa tahun dan akan terus menjadi agenda tahunan. Tujuannya untuk melestarikan kesenian wayang melalui anak-anak supaya mencintai wayang dengan harapan agar ikut melestarikan kesenian wayang. “Wayang itu sudah ada sejak wali, walaupun aslinya dari India, tapi sudah menjadi kebudayaan jawa,”jelasnya.
Lomba Kenal wayang ini dilakukan seperti lomba cerdas cermat, namun materinya khusus pengetahuan tentang wayang. Dalam lomba Kenal Wayang, pembaca soal pertanyaan disebut kuis master yang dibawakan oleh seniman pemerhati wayang Arief Suharsoyo. Juga ada pemeraga wayang oleh Ki Dalang Jumadi.
Salah seorang peserta dari SDN 2 Gemuh Blanten Kecamatan Gemuh, Zidan memfavoritkan tokoh wayang Kresna, karena sifatnya yang bikajsana. Zidan, selain suka dengan cerita wayang juga suka dengan permainan wayang. “Belajar wayang dari guru di sekolah,”ucapnya.
Walaupun seperti lomba cerdas-cermat, namun suasana Lomba Kendal Wayang cukup meriah. Pasalnya dalam lomba ini situasi dibuat seperti pagelaran wayang, lengkap dengan panggung wayang, karawitan dan permainan wayang.