Akhiri Kegiatan MPLS, Murid Baru SMAN 1 Kendal Basuh Kedua Kaki Orang Tua

Siswa baru SMAN 1 Kendal sungkem kepada orang tua

0
1190

Tangis haru mewarnai acara sungkeman dan membasuh kedua kaki yang dilakukan oleh murid baru SMA Negeri 1 Kendal  kepada orang tuanya masing-masing pada Rabu 18 Juli 2018. Kegiatan ini merupakan rangkaian terakhir setelah mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dilakukan sejak Senin 16 Juli 2018. Anak-anak juga diberi kesempatan menyampaikan proposal kehidupan yang telah ditulis kepada orang tua mengenai janji-janji dan rencana yang akan dilakukan selama menempuh pendidikan di SMA.

Kepala SMA Negeri 1 Kendal, Sunarto SPd MPd mengatakan, acara sungkeman sudah biasa dilakukan, namun untuk membasuh kedua kaki orang tua, baru di tahun ajaran kali  ini dilakukan. Harapannya agar anak-anak memiliki tanggung jawab untuk belajar dengan baik, sebagai bakti kepada orang tua. Acara ini merupakan penanaman pendidikan karakter bagi anak-anak supaya berbakti kepada orang tua. “Setelah tiga hari menerima berbagai materi, maka di akhir kegiatan MPLS, sengaja ditutup dengan acara sungkeman dan membasuh kedua kaki orang tua. Tujuannya agar anak-anak akan belajar sungguh-sunggu sebagai wujud berbakti kepada orang tua, sehingga apa yang dicita-citakan akan tercapai,”ujarnya.

Salah seorang perwakilan orang tua, Subkhi, ayah dari murid Muhammad Rizal Mahmudi mengatakan, selama hidupnya baru pertama kali dibasuh kakinya oleh anaknya, sedangkan dirinya belum pernah membasuh kaki kedua orang tuanya dulu. Oleh karena itu acara membasuh kedua kaki orang tua ini sangat menyentuh hatinya hingga meneteskan air mata. Dikatakan, bahwa cerdas saja tidak cukup, tapi harus memiliki akhlaqul karimah. Insya Allah dengan ketulusan orang tua, maka cita-cita anak akan mudah tercapai. “Acara ini benar-benar menyentuh hati, semoga akan terus membekas kepada anak, sehingga akan belajar sungguh-sunggu dan menjadi anak yang baik,”harapnya.
Pengawas SMA, Utomo MPd berharap, acara ini bisa menjadi momentum yang berharga yang akan terus mengingatkan anak-anak, bahwa keberhasilan anak teragntung dari keridoan orang tua dan peran guru di sekolah. Dengan usaha, doa dan kerja sama yang baik antara orang tua murid dan pihak sekolah, maka akan membawa kebrhasilan anak. “Keberhasilan anak-anak ini tidak lepas dari kesungguhan anak-anak dan kerja sama yang baik antara orang tua dengan guru atau sekolah,”katanya