Akibat Gangguan Pasokan Listrik Jawa-Bali, PLN Lakukan Pemadaman Bergilir

Pemadaman bergilir akibat gangguan pasokan listrik Jawa-Bali

0
639

Akibat gangguan pada Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) di wilayah Kediri-Pedan mengakibatkan pasokan listrik se Jawa-Bali mengalami gangguan, termasuk pada Wilayah kerja PLN Jawa Tengah dan Yogyakarta. Di daerah Kendal pun sempat mengalami pemadaman di sejumlah wilayah dengan durasi 2 sampai 3 jam.

Manager PLN Rayon Kendal, Tresna mengatakan, penentuan pemadaman dilakukan oleh Area Pengatur Distribusi (ADP) dari Semarang. Pemadaman dilakukan dengan tujuan tidak terjadi ‘BlackOut’. “Dalam kerusakan yang terjadi ini, daerah Kerja PLN Jawa Tengah dan Yogyakarta kehilangan pasokan listrik hingga 312 Mega Watt,”katanya, Kamis (6/9/2018).

Manager Trisna mengatakan, untuk Kendal sendiri mendapat rata-rata permintaan pengurangan daya dari ADP mencapai 3,7 MW atau 1% dari total kehilangan yang dialami untuk wilayah Jateng-Yogyakarta. “Nantinya untuk wilayah yang telah terdampak pemadaman, akan diusahakan tidak mendapat giliran pemadaman,”ujarnya.

Dengan adanya sistem Island Proteksi pada sistem interkonesi Jawa-Bali, gangguan tidak menyebar luas dan dapat diminimalisir. Untuk pemulihan pasokan wilayah Jateng-yogyakarta dapat terjadi pada pukul 22.44 WIB.