Akibat Sungai Blorong Meluap, Wilayah Kendal Terkena Banjir

Banjir luapan Sungai Blorong makin meluas

0
903

Akibat Sungai Blorong meluap, perkampungan warga di sekitar Sungai Blorong terkena banjir. Air banjir sebagian masuk ke rumah-rumah warga, seperti di Desa Rejosari Brangsong dan Kelurahan Ketapang pada Rabu 4 April 2019 terkena banjir.

Menurut Khotijah, warga Kelurahan Ketapang, banjir mulai masuk ke rumah warga sekitar pukul 3 dini hari. “Bangun tidur, air sudah masuk rumah,” katanya.
Rupanya banjir semakin meluas di wilayah sebelah timur Sungai Blorong, seperti di Desa Rejosari Brangsong, yang menurut seorang warga bernama Khamdi, banjir mulai masuk rumah sekitar pukul 7 pagi. Beberapa titik di Jalan Cangkring menuju Pasar Srogo juga tergenang banjir. “Di sini mulai masuk sekitar pukul 7 pagi,” ujarnya.
Dari pantauan Tim Satgas Penanggulangan Bencana BPBD Kendal, ketinggian bervariasi antara 10 centimeter sampai 50 sentimeter yang meliputi wilayah Ngampel Wetan 20-30 sentimeter, wilayah Ngampel Kulon 10-20 sentimeter, Kertomulyo 10-20 sentimeter, Rejosari Brangsong 10-25 sentimeter, Kelurahan Ketapang 10-50 sentimeter. Adapun dampak limpasan dari aliran Sungai Kendal beberapa titik juga terkena banjir, di antaranya Kelurahan Ngilir, Pekauman, Jalan Masjid, Jalan Pahlawan dengan ketinggian bervariasi antara 10 – 15 sentimeter.