Anak-anak SDN 1 Langenharjo Belajar Antisipasi Bencana

SDN 1 Langenharjo Kendal kunjungi BPBD Kendal

0
319

Swarakendal.com : Sekolah Dasar Negeri 1 Langenharjo Kendal mengajak seluruh murid kelas 4, 5 dan 6 mengunjungi Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, Senin (10/10/2022). Ada 100 anak yang mengikuti kegiatan ini bersama guru pendamping untuk belajar tentang antisipasi dan penanganan kebencanaan.

 

Indah Kafauziah, pengampu guru kelas 5 SD Negeri 1 Langenharjo Kendal mengatakan, tujuan kegiatan ini agar anak-anak paham tentang mitigasi bencana. Pasalnya, lokasi sekolah ini berada tidak jauh dari Sungai Kendal yang sering dilanda banjir. Oleh karena itu, anak-anak dikenalkan cara penanganan dan cara pencegahannya. “SD kami sering dilanda banjir, jadi anak-anak kami kenalkan bagaimana cara penanganannya dan pencegahannya,” katanya.

 

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kendal, Untung Tri Puji H mengatakan, anak-anak diberikan pengenalan tentang kebencanaan dan dasar-dasar dalam pertolongan bencana. Anak-anak juga dikenalkan alat-alat yang digunakan dalam penanganan kebencanaan. Dengan demikian, anak-anak mengenal pengetahuan tentang kebencanaan, sehingga bila sewaktu-waktu terjadi bencana, maka bisa mengatasinya dan tidak panik. “Kami kenalkan tentang kebencanaan dan dasar-dasar dalam pertolongan bencana, tujuannya biar anak-anak itu mengenal tentang kebencanaan, jadi bila sewaktu-waktu mengalaminya, maka bisa mengatasi dan tidak panik,” harapnya.

 

Wilayah Kota Kendal yang dilalui sungai, termasuk daerah rawan dengan bencana banjir. Oleh karena itu, pihak sekolah memberikan pendidikan  tentang antisipasi dan penanganan bencana banjir.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.