Anak Sekolah harus bisa Berbahasa Indonesia yang baik dan benar

0
630

Semua siswa dan guru harus bisa menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kab Kendal Drs Muryono MPd pada acara Peningkatan Kompetensi Bahasa Indonesia  bagi Guru SD dan SMP di Kab Kendal. Pada acara yang diadakan di SMA PGRI 1 Kendal Selasa (15/3/2016), Kadisdik Muryono mengatakan, agar bisa berbahasa dengan baik dan benar, maka harus dibiasakan. Untuk itu pihaknya akan mewajibkan semua siswa dan guru di sekolah agar menggunakan Bahasa Indonesia.

“Kami akan segera membuar Surat Edaran ke semua sekolah, supaya tiap Senin, Selas dan Rabu harus menggunakan Bahasa Indonesia, sedangkan Kamis wajib berbahasa Jawa, dan Jumat berbahasa Inggris,”ujarnya.
Sementara itu Agus Suryono dari Balai Bahasa Provinsi Jateng mengatakan, kegiatan Peningkatan Kompetensi ini untuk memberikan penyegaran kepada para guru agar lebih semangat untuk mengembangkan Bahasa Indonesia. Apalagi dalam Rembug Nasional Guru beberapa waktu lalu, Bahasa Indonesia sedang diupayakan menjadi Bahasa internasional. “Sekarang saatnya untuk kembali menggairahkan Bahasa Indonesia, termasuk di nama-nama di tempat-tempat umum agar kembali menggunakan Bahasa Indonesia,”jelasnya.

Ketua pantia kegiatan Sri Wahyuni mengatakan, kegiatan yang diikuti 60 guru Bahasa Indonesia SD dan 60 guru Bahasa Indonesia SMP diharapkan akan meningkatkan kompetensi para guru. “Guru yang sudah berkompetensi, lehib ditingkatkan lagi kompetensinya,”katanya.