APAR harus sering Duperiksa

0
1433

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang dimiliki kantor-kantor maupun rumah sebaiknya dilakukan pengecekan berkala. Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi APAR yang dimiliki, sehingga siap digunakan kapan saja. Jika kondisinya rusak, maka segera diperbaiki atau diganti yang baru.

Kabid Damkar pada Satpol PP dan Damkar Kendal,  Arief Masrufin mengatakan, setiap gedung wajib memiliki APAR sebagai perlengkapan keselamatan untuk ruangan terbatas, seperti ruang kantor atau ruangan di dalam rumah yang bisa digunakan untuk memadamkan api, sebagai tindakan awal ketika kondisi api masih kecil. Jumlah APAR yang ada disesuaikan dengan kondisi bangunan, jika bangunannya besar, maka jumlah APAR yang tersedia harus lebih banyak.  “APAR juga harus sering dicek,”kata Arief.

Untuk gedung besar atau kawasan perkantoran, termasuk kawasan perumahan dan pasar sebaiknya memiliki hydrant, sebagai sumber pengambilan air untuk memadamkan api jika terjadi kebakaran.  Arief mengatakan, belum lama ini pihak Damkar juga telah melakukan pengecekan hydrant-hydrant di Kab Kendal. Namun pihak Damkar hanya sebatas melakukan pengecekan, sedangkan tanggung jawab untuk perbaikan hydrant yang rusak ada pada pihak PDAM. “Kami hanya memeriksa kondisi hydrant, untuk selanjutnya pihak PDAM yang punya tanggung jawab untuk memperbaiki,”katanya.