Bantaran Sungai di Desa Mojo Ringinarum Dijadikan Taman Bunga dan Buah

Potensi Desa Mojo Kec. Ringinarum

0
1173
Emping melinjo kini menjadi produk UMKM unggulan di Desa Mojo Kecamatan Ringinarum. Pasalnya di pekarangan sekitar rumah-rumah banyak pohon melinjo, sehingga bahan utama berupa biji melinjo mudah didapat. Pemasarannya pun cukup bagusm tidak hanya di sekitar Kecamatan Ringinarum, tapi sampai ke Pasar weleri.

Di Desa Mojo juga banyak warga yang berprofesi sebagai pedagang dan yang paling banyak sebagain pengepul atau penebas buah-buahan, seperti mangga, sawo dan rambutan. Pemasaranyya pun cukup luas hingga luar Jawa, seperti Kalimantan. Buah yang menjadi andalan adalah buah mangga yang sudah diberi label dengan nama Arjun. “Untuk pengiriman ke Kalimantan sudah rutin melalui Pelabuhan Kendal,” kata Sekretaris Desa, Istiyanto.
Desa Mojo kini terus berbenah dengan inovasi-inovasi baru. Salah satunya yaitu menyulap bantaran sungai yang dijadikan tempat pembuangan sampah, kini disulap menjadi taman bunga yang indah. Selain itu juga ditanami pohon pepaya jenis California, sehingga buahnya bisa dimanfaatkan untuk dijual. “Sekarang bantaran sungai yang sudah dutanami bunga dijadikan tempat untuk senam oleh warga,” katanya.
Sekdes Istiyanto mengatakan, Desa Mojo tidak pernah sepi dari kegiatan, baik yang dilakukan oleh desa maypun oleh warga sendiri di tiap-tiap RT. “Tiap tahun ada kegiatan Halal bi Halal dan peringatan Agustusan yang biasanya mengadakan syukura, pengajian akbar dan hiburan dangdut,” pungkasnya.