Banyak Peziarah dari luar Daerah Kendal Ziarah di Makam Wali Abdul Kohar di Desa Rejosari Kangkung

Potensi Desa Rejosari Kangkung

0
1030
Desa Rejosari Kecamatan Kangkung ternyata sudah banyak dikenal oleh orang-orang dari luar daerah. Pasalnya di Desa yang lokasinya jauh dari kota itu aba makam Wali Abdul Kohar yang sering dikunjungi para peziarah dari luar daerah, seperti Demak, Batang dan Temanggung.
“Biasanya kalau bulan Rajab dan Ruwah banyak orang-orang dari luar daerah, seperti Demak, Batang dan Temanggung yang berziarah ke makam Wali Abdul Kohar,” kata Kepala Desa Rejosari, Rusno, Senin (17/6/2016).
Kades Rusno mengatakan, pada tahun 2018 lalu, makam Wali Abdul Kohar mulai dilakukan perbaikan dengan membangun fasilitas umum, seperti toilet dan listrik. Tujuannya agar para peziarah, terutama yang dari luar daerah bisa memanfaatkan fasilitas yang ada. Mulai tahun 2018 lalu pihak desa mengadakan khaul Wali Kohar pada bulan Maulid. “Rencananya tiap tahun akan rutin diadakan khaul,” katanya.
Desa Rejosari termasuk desa yang cukup maju. Banyak produk UMKM yang sudah maju, di antaranya pangsit yang pemasarannya sampai luar kecamatan, seperti  Pegandon, Cepiring dan wilayah Kecamatan Kangkung. Juga ada perajin kecap , tempe keripik dan tempe. “Penduduk di sini, selain bertani, juga banyak yang berwirausaha,” ujarnya.
Desa Rejosari juga sudah mendirikan BUMDES yang mengelola gedung serbaguna. Gedung tersebut selain untuk oleh raga, juga disewakan untuk resepsi pernikahan dan lainnya. Gedung serbaguna tersebut dilengkapi warung untuk melayani orang-orang yang berolahraga.  “Harapan ke depan, Desa Rejosari ini bisa menjadi desa yang maju dan mandiri dengan adanya BUMDES itu,” pungkasnya.