Bawaslu Kendal Lantik 3.445 Pengawas TPS di Kabupaten Kendal

Pelantikan 3.445 Pengawas TPS (PTPS) di Kabupaten Kendal

0
704
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kendal melantik sejumlah 3.445 Pengawas TPS (PTPS) di Kabupaten Kendal, Senin (25 Maret 2019). Pelantikan dilakukan di masing-masing kecamatan. Usai dilantik, PTPS juga diberi tugas untuk mengirim sebanyak 4.455 surat pencegahan ke seluruh rumah ibadah di Kabupaten Kendal.

Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Arief Musthofifin mengatakan, bahwa PTPS langsung diberi tugas untuk menyampaikan surat pencegahan pelanggaran ke masjid-masjid itu agar rumah ibadah tidak dijadikan untuk tempat kampanye. “Harapannya supaya pengurus masjid bersedia menempelnya, sehingga para jamaah tahu, jika tempat tidak boleh jadi tempat kampanye,” katanya.
Bawaslu mengingatkan bahwa rumah ibadah harus dijaga kesuciannya, sehingga tidak dijadikan tempat aktivitas yang melanggar hukum. Seperti, digunakan kampanye, karena merupakan bentuk pelanggaran pidana Pemilu. “Jika tempat ibadah dijadikan tempat kampanye maka diancam penjara dan denda. Yaitu, penjara maksimal dua tahun dan denda paling banyak Rp 24 juta,” ucapnya.
Ketua Bawaslu Kendal, Odilia Amy Wardayani berharap, Pengawas TPS dapat mengemban tugas mulia menegakkan keadilan Pemilu. “Jaga selalu integritas dan netralitas,” tuturnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.