Baznas Kendal Bentuk UPZ Desa

Baznas Kendal Bentuk UPZ Desa

0
102

Swarakendal.com : Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kendal menargetkan seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Kendal menjadi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di tahun 2022. Saat ini beberapa kecamatan yang seluruh desanya sudah menjadi UPZ.

Ketua Baznas Kendal, Samsul Huda mengatakan, target muzakki dari UPZ Desa adalah perangkat desa, yang dipotong dari gaji penghasilan tetapnya. 

Saat ini, dari jumlah total 286 desa dan kelurahan di Kabupaten Kendal, sudah ada 104 desa dan kelurahan yang menjadi UPZ, yakni di Kecamatan Kendal, Boja, Ngampel, Kaliwungu, Kangkung, Rowosari, dan Pageruyung. Untuk desa-desa di kecamatan lainnya sedang proses membentuk UPZ. “Desa-desa di kecamatan lainnya sedang proses, karena sudah ada Surat Edaran Bupati Kendal, sehingga wajib membentuk UPZ,” katanya, usai Pengukuhan UPZ Desa dari lima kecamatan di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Jumat (24/6/2022).

Samsul menambahkan pada tahun 2022 ini, target Baznas Kendal sebesar Rp 13 miliar. Pada tahun 2021 lalu, targetnya hanya Rp 9 miliar. “Insya Allah targetnya bisa tercapai, karena selain dari UPZ Desa, juga dari beberapa perusahaan di KIK siap membentuk UPZ,” jelasnya.

Kepala Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung, Dasuki mengatakan, Desa Jungsemi sudah setahun lebih menjadi UPZ Baznas Kendal, dan berjalan lancar, Penarikan zakat dan infak, selain dari perangkat desa, juda para pedagang kaki lima di wisata Pantai Indah Kangkung secara sukarela. “Alhamdulillah berjalan lancar,” ucapnya.