Baznas Kendal Gelar Seleksi Santri Beasiswa Tahfidz Al Qur’an

Baznas Kendal Gelar Seleksi Santri Beasiswa Tahfidz Al Qur'an

0
248

Swarakendal.com : Sebanyak 197 santri mengikuti seleksi beasiswa tahfidz Al Qur’an yang diadakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kendal, Selasa (13/9/2022). Seleksi yang digelar di Aula Masjid Agung Kendal diikuti peserta yang sebelumnya sudah lolos seleksi administrasi. Selanjutnya akan diambil 60 santri yang akan mendapatkan beasiswa selama satu tahun.

Peserta dibagi menjadi tiga kategori. yakni kategori hafalan juz 1 sampai 10, kategori hafalan juz 10 sampai 20, dan kategori hafalan juz 20 sampai 30. Peserta harus warga Kabupaten Kendal, dan santri di pondok pesantren yang terdaftar di Kementerian Agama Kendal.

Ketua Baznas Kendal, Samsul Huda mengatakan, peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan beasiswa selama satu tahun, yang diberikan tiap bulan sebesar Rp 500 ribu, atau total sebesar 6 juta rupiah. Tujuan pemberian beasiswa ini untuk memfasilitasi santri dari keluarga tidak mampu, yang memiliki niat yang mulia untuk menghafal Al-Qur’an. “Jadi, peserta dari pesantren-pesantren di Kabupaten Kendal, dan hari ini ada peserta sebanyak 197 santri, kami seleksi dan nanti akan diambil 60 santri, sesuai dengan kuota tahun ini,” jelasnya.

Akhmad Khotib, pengasuh Ma’had Al Aqwam MAN Kendal mengatakan, pondoknya mengirimkan 10 santri untuk mengikuti seleksi ini. Sebagai persiapan, pihaknya telah melakukan pembinaan dan pendalaman materi, serta simulasi. “Untuk persiapan, kami juga mengadakan simulasi dua kali, semoga bisa sukses semua,” harapnya.

Menurutnya, program beasiswa dari Baznas ini sangat membantu para santri, tidak sekedar pemberian beasiswa, tetapi saling bersilaturahmi dengan para santri dari pondok pesantren lain. Dengan demikian, bisa saling tukar ide dalam belajar menghafal Al-Qur’an. “Program Baznas ini bagus sekali, dan sangat membantu untuk mengembangkan potensi para santri, di bidang hafalan Al Qur’an,” katanya. 

Plt Asisten dan Kesra Setda Kendal, Nur Fuad berharap, dengan pemberian beasiswa ini akan mencetak generasi muda yang cinta Al Qur’an. Harapannya, akan semakin banyak santri yang belajar menghafal Al-Qur’an. “Harapannya untuk ke depan bisa tambah kuotanya bagi santri yang mendapatkan beasiswa ini,” harapnya.

Program beasiswa tahfidz Al Qur’an dari Baznas Kendal ini, sudah diadakan sejak tahun 2019, dengan jumlah peserta yang semakin meningkat. Pada tahun 2019 diikuti 40 peserta, dengan kuota 35 santri. Tahun 2020 diikuti 90 peserta, dengan kuota 37 santri, dan tahun 2021 diikuti 167 peserta dengan kuota 60 santri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.