BNNK Kendal Gandeng FKUB ikut Perangi Narkoba

0
484

Para tokoh agama diharapkan ikut mengkampanyekan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba kepada umasyarakat. Harapan ini disampaikan Sapto Nugroho, Kasi Pencegahan Badan Narkotika Nasional Kab Kendal kepada pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kendal saat Rakor BNNK Kendal bersama FKUB dalam rangka Kampanye Stop Narkoba melalui Media non Elektronik Kamis (22/9/2016) di OR Setda Kendal.

Sapto mengatakan, kampanye penyalahgunaan narkoba  bisa dilakukan lewat khutbah atau ceramah dan kegiatan lainnya kepada jamaahnya di masyarakat. Untuk itu, BNN akan membuatkan buku tentang materi bahaya penyalahgunaan yang bisa dijadikan bahan khutbah atau ceramah. “Setelah rakor, kami akan membuat buku panduan untuk bahan khutbah atau ceramah,”katanya.

Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur sebagai key note speaker Rakor yang dihadiri sekitar 40 pengurus FKUB dan Generasi Muda FKUB Kendal mengatakan, penanganan masalah narkoba akan lebih mengena lewat pendekatan agama. Untuk itu peran aktif para tokoh agama dalam memberikan pencerahan kepada masyarakat dinilai lebih mengena. Wabup Masrur mengatakan, masalah narkoba adalah masalah yang harus dihadapi bersama. Bukan hanya tanggung jawab BNN atau pemerintah saja. Peran aktif para tokoh agama dan masyarakat merupakan tanggung jawab untuk memerangi narkoba. “Peran keluarga sangat penting, karena pondasi agama itu ada pada keluarga,”kata Wabup Maskur

Sementara itu, Kepala Kantor Kesbangpol Kendal Ferinando Bonay mengatakan, bahwa narkoba adalah salah satu ancaman terhadap ketahanan bangsa, sehingga harus diperangi perangi bersama. “Selain menyampaikan bahaya narkoba, para tokoh agama juga ikut menyampaikan pentingnya menjaga ketahanan bangsa,”ujarnya.