BPBD Kendal Ggelar Gladi Manajemen Bencana

BPBD Kendal menggelar kegiatan Gladi Manajemen Bencana

0
949
Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal menggelar kegiatan Gladi Manajemen Bencana di Alun-alun Kendal, Kamis 21 Desember 2017. Kegiatan ini diikuti 140 peserta yang terdiri dari perwakilan tiap-tiap OPD dan komunitas relawan. Gladi Manajemen Bencana ini merupakan kegiatan praktek, setelah peserta mendapatkan materi teori tentang penanganan bencana selama dua hari tanggal 19-20 Desember 2017.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kendal, Slamet mengatakan, materi yang diberikan yaitu teori tentang penggunaan alat penjernih air, teori bongkar pasang tenda, teori teknik penanganan pengungsi dan penanganan korban ketika menghadapi tanggap darurat bencana. “Kagiatan hari ketiga adalah praktek yang meliputi, penanganan pengungsi melalui dapur umum, penggunaan alat penjernih air atau water treatmen dan bongkar pasang tenda,”katanya.
Slamet mengatakan, dengan adanya pelatihan ini diharapkan, jika ada bencana, maka semua komponen sudah siap melakukan aktivitas masing-masing. Pelatihan ini meliputi semua kegiatan yang terkait dengan semua bencana, seperti bencana banjir, longsor dan lainnya. “Pelatihan ini untuk penanganan bencana apa saja, tapi karena sekarang sedang musim hujan, maka dalam praktek ini dikaitkan dengan penanganan bencana banjir,”ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.