Buat Visa Umroh harus Minta Rekomendasi ke Kemenag

Calon jamaah umroh yang akan membuat visa haris minta rekomendasi ke Kemenag setempat

0
1933

Tiap calon jamaah umroh yang akan membuat visa dan paspor harus mendapatkan Surat Rekomendasi dari Kementerian Agama daerah setempat. Hal ini setelah adanya kerja sama Kementerian Hukum dan  Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dengan  Kementrian  Agama,  terkait  calon jamaah  Umroh  yang  akan  mencari  paspor, wajib mendapatkan  rekomendasi dari kantor  Kemenag setempat.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kendal, Sumari mengatakan, ketentuan ini sudah diberlakukan sekitar satu bulan ini. Hal tersebut untuk mengantisipasi, para biro nakal yang menelantarkan  jamaahnya bisa langsung  dilacak, karena semua  travel, biro Haji Umroh bisa terpantau dari Kemenag. Selain itu, juga agar calon jamaah tidak menyalahgunakan visa dan paspor yang dimiliki. “Tujuannya untuk melindungi calon jamaah dari Biro Perjalanan Umroh yang tidak resmi atau terdaftar di Kementerian Agama RI,”ujarnya.

Sumari mengatakan, di Kemenag  Kendal juga telah menggunakan Barcode bagi tiap calon jamaah. Dengan adanya Barcode ini, maka akan mudah untuk mengantisipasi pemalsuan dokumen.

Sumari menghimbai para calon jamaah umroh jangan tergiur dengan  harga yang murah, sebab dengan harga  murah fasilitas yang di dapat  akan  sangat  minim. Calon jamaah juga harus memastikan biro yang diikutinya benar-benar resmi.

“Sebaiknya tanyakan  ke  Kemenag atau jamaah yang pernah ikut akan  kebonafidan  biro tersebut” pungkas Sumari.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.