BUMDES di Desa Sukodadi Kecamatan Kangkung akan Kembangkan Usaha Pengelolaan Air Bersih

Potensi Desa Sukodadi Kecamatan Kangkung

0
1007
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Sukodadi Kecamatan Kangkung akan mengandalkan unit usaha penyediaan air bersih. Hal ini masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan air bersih dengan biaya yang murah.

Kepala Desa Sukodadi, Kamilir Rijal mengatakan, saat ini BUMDes baru memiliki satu unit usaha yaitu mengelola air bersih untuk mencukupi kebutuhan warga. Jika saat ini baru memiliki satu unit pamsimas, maka ke depan akan terus dikembangkan, sehingga bisa mencukupi kebutuhan air bersih untuk seluruh warga.
“Unit usaha yang utama ini mengelola air bersih, namun masih ada beberapa yang sudah direncanakan, di antaranya mengembangkan makam bersejarah untuk dijadikan wisata religi dan membuat lapangan desa yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan warga,” katanya.
Desa Sukodadi memiliki produk UMKM unggulan yakni sirup jahe yang akan terus dikembangkan. Sirup jahe merupakan salah satu produk UMKM yang sering diikutkan dalam pameran atau bazar.  Adanya produk sirup jahe ini merupakan hasil kreasi warga karena ingin memaksimalkan hasil tanaman jahe yang banyak tumbuh di pekarangan. Pasalnya, jika hasil panen tanaman jahe dijual dalam bentuk jahe, dirasa kurang menghasilkan keuntungan. “Agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak, maka diolah menjadi sirup jahe,” katanya.
Para petani di Desa Sukodadi masih mengandalkan tanaman tembakau, karena jika harganya bagus, maka bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Sedangkan tanaman lain, seperti padi atau jagung, keuntungannya tidak sebesar tanaman tembakau.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.