Bupati Mirna Ajak Para Komunitas Ikut Support Bangun Kendal

Komunitas NGopi bareng Bupati Kendal

0
769

Ratusan anak muda dari berbagai komunitas kumpul bersama dengan Bupati Kendal dr Mirna Annisa di acara Ngopi Bareng Bupati Mirna di Taman Klorofil Kendal, Senin (19/2/2018) malam. Bupat Mirna juga mengajak Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur, Sekda Kendal M Toha dan para kepala OPD Pemkab Kendal. Acara yang berlabel “Love Value  Action” ini merupakan acara diskusi yang dikemas dalam bentuk hiburan yang diisi oleh para komunitas. Di antaranya grup musik Paradok, atraksi ruyung dari komunitas Bahurekso Ruyung, Stand Up Comedy, pemutaran film dari Rumah Kreatif Film Kendal. Tema diskusi yaitu Dengan Cinta Kita Mengevaluasi dan Menilai Kinerja untuk Beraksi ke depan.

Acara diawali dengan penampilan hiburan oleh komunitas dan diakhiri dengan dialog yang dijawab langsung oleh bupati,  wakil bupati dan sekda. Beragam hal disampaikan, mulai dari kondisi jalan yang masih banyak yang rusak, perhatian Pemkab Kendal terhadap

anak-anak yang berprestasi, dan dukungan pemkab terhadap fasilitas serta perhatiannya. Ada juga yang menyoroti tentang pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia serta target program pembangunan di Kab Kendal.
Dari dialog tersebut, juga terjawab hal-hal yang belum diketahui oleh masyarakat, seperti perbaikan jalan yang tidak semuanya menjadi wewenang Pemkab, karena ada jalan nasional dan jalan provinsi yang perbaikannya menjadi wewenang pusat dan provinsi. Begitu pula dalam membangun, tidak asal membangun, tapi harus direncanakan secara matang.
Pada acara itu Bupati diperkenalkan beberapa komunitas yang telah banyak meraih prestasi, baik prestasi tingkat Kabupaten Kendal, juga prestasi tingkat provinsi bahkan tingkat nasional dan tingkat Asia. Seperti komunitas Bahurekso Ruyung yang pernah menjuarai kejuaraan tingkat pantura. Juga Komunitas Rumah Kreatif Film Kendal yang banyak meraih prestasi tingkat nasional dan Asia.
Bupati Mirna berharap, acara ini bisa menjadi satu langkah yang bagus untuk menyatukan semua komunitas dan bisa diketahui potensi-potensi yang dimiliki para komunitas. Dari banyak potensi yang dimiliki komunitas, Bupati akan menjajaki apa yang bisa dimaksimalkan. “Dalam membangun ke depan, para komunitas bisa terlibat dan saling support,”harapnya.
Penggagas acara, Ardian Yuniarko mengatakan, tujuan menumpulkan komunitas adalah selain untuk menunjukan potensi-potensi yang dimiliki para komunitas, sekaligus mengajak untuk mengevaluasi kegiatan pembangunan di Kendal. Namun evaluasi yang dilakukan dengan cinta dan bernilai, sehingga tidak hanya memberi kritikan, tapi diharapkan ada aksi untuk bersama-sama memajukan Kendal.  “Selama ini suara dari komunitas belum tersalurkan, maka harapannya untuk ke depan agar para komunitas bisa diajak untuk memberi masukan terhadap program pembangunan di Kendal, misalnya dilibatkan dalam Musrenbang,”ujarnya.
Sementara itu menurut Ketua Komunitas Jarak Dekat, Setya Naka berharap, acara semacam ini perlu diadakan secara rutin, namun untuk ke depan agar mengambil tema khusus, supaya pembicaraannya lebih fokus terhadap satu permasalahan. “Acara semacam ini bagus untuk menampung aspirasi anak-anak muda, sehingga potensinya bisa semakin berkembang, karena ada dukungan dari Pemkab,”katanya.