Dana Desa 2017 di Kabupaten Kendal Cair Seratus Persen

Semua desa di Kendal cairkan Dana Desa 2017

0
1833

Penyerapan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2017 di seluruh desa di Kab Kendal tercapai seratus persen. Hal ini berdasarkan keterangan dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab Kendal Ir Subaedi, Jumat (12/1/2018). Demikian pula untuk penyerapan Anggaran Dana Desa (ADD) dan bantuan provinsi juga tercapai seratus persen.

“Semuanya desa bisa menyelesaikan programnya tepat waktu,”katanya.

Menurut Subaedi, pencapaian yang bagus ini berkat kerja keras dari pihak desa dan kerja sama yang baik antara desa dengan pihak kecamatan, kabupaten dan pendamping desa. Hanya saja, belum semua desa membuat laporan pertanggungjawabannya. Dari 266 desa di Kab Kendal, yang sudah selesai membuat laporan, baru sekitar 20 persen. “Yang sudah membuat laporan baru sekitar 60 desa,”katanya.

Subaedi mengatakan, laporan tersebut merupakan syarat utama untuk pencairan anggaran tahun 2018 ini. Untuk itu, kepada desa-desa yang belum membuat laporan, diharapkan segera membuat laporan. Pasalnya untuk tahun 2018 ini ditargetkan pencairan Dana Desa bisa keluar pada bulan Januari ini. Saat ini sebagian desa sudah membuat APBDes 2018. “Diharapkan sampai 10 Januari 2018 sudah membuat APBDes tahun 2018, sehingga Dana Desa bisa cair di bulan Januari ini juga,”harapnya.